Ketua Umum Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) Provinsi Kaltim Sutomo Jabir membuka cabor panahan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-7 di Kabupaten Berau, Rabu (30/11).

Dalam kesempatan ini ia mengimbau seluruh atlet panahan dan semua pihak terkait, termasuk para suporter agar selalu menjunjung tinggi sportifitas, karena dalam setiap laga, hal yang harus diutamakan adalah sikap sportif. 

"Porprov ini selain merupakan ajang prestasi untuk mencetak bibit unggul juga sebagai wahana untuk silaturahim, sehingga sportifitas harus dijunjung tinggi," ujar Sutomo Jabir yang juga anggota DPRD Provinsi Kaltim ini. 

Jiwa sportifitas harus terus ditunjukkan oleh atlet Kaltim bukan hanya di ajang Porprov Kaltim ini saja, tapi juga di ajang lain baik saat pra-PON, PON mendatang, maupun di berbagai laga lainnya di internasional. 

Ia meyakini para Srikandi Kaltim mampu melenggang ke ajang lebih tinggi karena sejumlah prestasi yang telah ditorehkan selama ini, seperti saat Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Palangkaraya pada 1-6 Juli lalu, yakni atlet panahan Kaltim membawa pulang 5 emas, 8 perak dan 8 perunggu, sehingga provinsi ini menempati peringkat 5 dari 24 provinsi.

Ia mengaku bangga dengan capaian dalam Kejurnas tersebut, apalagi raihan 5 emas oleh atlet Kaltim merupakan nomor kualifikasi dan nomor yang akan dipertandingkan dalam PON mendatang, sehingga ia optimis atlet panahan Kaltim bisa lolos sampai ke Pelatnas, kemudian melaju ke pra-PON hingga dalam PON mendatang. 

"Bulan ini Kaltim mengirimkan enam pemanah dalam Seleksi Nasional (Seleknas) 2022 di Jakarta. Dari enam orang yang dikirim ini, tiga orang berhasil lolos sehingga ketiganya akan mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas 2023)," kata Jabir.

 

Pewarta: Gf

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022