Samarinda (ANTARA Kaltim) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo meresmikan gedung Graha Pemuda di Jalan Wahab Syahranie Samarinda, Senin.

Luas bangunan dari gedung Graha Pemuda milik Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) hampir dua hektare yang mulai dibangun pada awal tahun 2009 dan telah melewati empat masa pemerintahan Gubernur Kaltim mulai dari masa pemerintahan Suwarna Abdul Fatah, Tarmiji Tahir, Yurnalis Ngayoh dan Awang Faroek Ishak.

Hadir pula diantaranya Gubernur Kaltim, Awang Faroek, Wakil Gubernur Kaltim terpilih, HM. Mukmin Faisyal dan Ketua Umum DPP KNPI, Taufan Ekonugroho Rotorasiko.

"Terima kasih kepada Pemprov Kaltim yang sudah mampu membangun gedung Graha Pemuda ini," kata Roy Suryo.

Diharapkan utilitas gedung Graha Pemuda milik KNPI tersebut tetap dilakukan.

"Dana pembangunan menggunakan APBD Kaltim dan APBD kota Samarinda sebesar Rp37 miliar," kata Ketua DPD KNPI, Yunus Nusi di Samarinda, Senin.

Gedung Graha Pemuda Kaltim yang termegah di Indonesia dimiliki oleh KNPI, kata Yunus.

Graha Pemuda ini akan dijadikan pusat pembinaan pemuda dan memiliki ruang rapat yang refresentatif dengan kapasitas 300 orang, gedung serbaguna dengan kapasitas 1.000 orang, katanya.

Kemudian akan dilanjutkan pembangunan guest house, asrama dengan kapasitas 50 orang serta sekretariat dari semua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di bawah KNPI Kaltim. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013