Hari kedua pembukaan pendaftaran calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang dilakukan oleh KPU Samarinda, Kalimantan Timur, sebagai persiapan Pemilihan Umum 2024, hingga Selasa sore tercatat ada 159 orang yang mendaftar. 


"Masa pendaftaran dibuka pada 20 - 29 November, sehingga kami perkirakan jumlah pendaftarnya masih akan terus bertambah," ujar Najib, Komisioner KPU Samarinda Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, di Samarinda, Selasa. 

Ia tetap mengajak putra putri yang memenuhi syarat dari seluruh kecamatan di Samarinda untuk mendaftar karena masih ada waktu hingga 29 November, apalagi semakin banyak pendaftar, maka makin besar peluang pihaknya untuk mencari calon terbaik, yakni lima anggota PPK per kecamatan.

Sebanyak 159 pendaftar tersebut terdiri dari 112 laki-laki dan sisanya yang 47 pendaftar adalah perempuan, mereka berasal dari 10 kecamatan. 

Rinciannya adalah dari Kecamatan Samarinda Ilir ada 16 pendaftaran yang terdiri dari 12 pria dan 4 perempuan, Kecamatan Sambutan ada 15 pendaftar yang terdiri dari 13 pria dan 2 perempuan. 

Kecamatan Samarinda Kota ada delapan pendaftar yang terdiri dari enam laki-laki dan dua perempuan, Kecamatan Palaran ada 17 pendaftar yang terdiri atas 12 laki-laki dan 5 perempuan. 

Kecamatan Loa Janan Ilir ada 20 pendaftar yang terdiri atas 13 laki-laki dan 7 perempuan, Kecamatan Samarinda Seberang 16 pendaftar yang terdiri atas 12 laki-laki dan 4 perempuan. 

Kecamatan Sungai Kunjang ada 12 pendaftar yang terdiri dari 9 laki-laki dan 3 perempuan, Kecamatan Samarinda Ulu ada 22 pendaftar yang terdiri atas 15 laki-laki dan 7 perempuan. 

Kecamatan Samarinda Utara terdapat 19 pendaftar yang terdiri atas 13 laki-laki dan 6 perempuan, Kecamatan Sungai Pinang terdapat 14 pendaftar yang terdiri atas 7 laki-laki dan 7 perempuan. 

"Syarat pendaftaran antara lain melampirkan foto copy KTP-el, ijazah SLTA atau ijazah terakhir, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Puskesmas, rumah sakit, atau klinik dengan mencantumkan hasil pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol," kata Najib. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022