Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda, Kalimantan Timur, memfasilitasi pemilihan ketua OSIS di SMAN 14 Samarinda, sekaligus memberikan pendidikan politik kepada para pelajar selaku calon pemilih pemula untuk persiapan Pemilihan Umum 2024.


"Pemilihan ketua OSIS di SMAN 14 merupakan salah satu sekolah di Samarinda yang kami dampingi. Sudah ada beberapa sekolah yang kami fasilitasi, bahkan menyusul sekolah lain," ujar anggota KPU Kota Samarinda Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM M. Najib di Samarinda, Rabu.

Pendampingan pemilihan ketua OSIS ini merupakan salah satu cara KPU Samarinda dalam memberikan pendidikan politik kepada calon pemilih pemula karena pada Pemilu 2024 mereka akan memiliki hak pilih. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat menyalurkan hak pilihnya secara cerdas pada pemilu mendatang.

Dalam kesempatan itu, Najib menjadi salah satu panelis untuk Debat Calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) SMAN 14 Samarinda yang diikuti oleh tiga pasang calon.

Beberapa waktu sebelumnya, ia juga telah memfasilitasi sekolah ini untuk menyiapkan sistem pemilihan ketua OSIS, mulai dari persiapan, debat, penyusunan visi misi, penghitungan suara, hingga pelantikan. Mirip dengan proses demokrasi sesungguhnya atau tahapan pemilu.

Ada beberapa hal yang ditanyakan kepada tiga pasang calon dalam debat calon ketua OSIS itu, di antaranya mengenai hal yang akan dilakukan terhadap teman-teman sebaya agar mereka bersedia menyalurkan suara, baik dalam pemilihan ketua OSIS maupun Pemilu 2024.

Para calon rata-rata menjawab dengan antusias, yakni melakukan pendekatan langsung karena komunikasi secara langsung merupakan cara efektif untuk mengajak. Apalagi setiap suara sangat menentukan untuk kemajuan dan masa depan sekolah, daerah, hingga masa depan bangsa.

"Dari berbagai pertanyaan yang kami ajukan tadi, kemudian dari jawaban yang disampaikan masing-masing pasangan calon, saya optimistis mereka mampu mengajak teman sebaya dalam menyalurkan hak pilih, baik hak pilih dalam pemilihan ketua OSIS maupun untuk Pemilu 2024," ucap Najib.

Sedangkan pada pemilihan Ketua OSIS SMAN 14 yang rencananya digelar pada Sabtu (19/11), KPU Samarinda juga memfasilitasi sejumlah peralatan pemilihan, antara lain kotak suara, bilik pencoblosan, bantalan coblos, dan hal lain yang diperlukan sekolah.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022