Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemprov Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan setempat dalam tahun anggaran 2013 memberikan beasiswa stimulan kepada mahasiswa di kawasan perbatasan, pedalaman, dan daerah terpencil di Kaltim total senilai Rp741,4 juta.

"Stimulan sebesar itu diberikan kepada 286 mahasiswa dari kawasan pedalaman dan daerah terpencil yang kuliah di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi ini," ujar Bohari Yusuf, Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013, di Samarinda, Rabu.

Masing-masing penerima mendapat bantuan stimulan untuk meningkatkan belajar mereka dengan nilai yang berbeda, yakni 22 mahasiswa memperoleh beasiswa sebesar Rp2,5 juta per orang atau berjumlah Rp55 juta.

Kemudian selebihnya yang sebanyak 264 mahasiswa, masing-masing mendapat stimulan sebesar Rp2,6 juta sehingga jumlah beasiswa yang diberikan melalui Dinas Pendidikan Kaltim itu sebesar Rp686,4 juta. Dengan demikian total beasiswa mencapai Rp741,4 juta.

Rincian dari penerima stimulan itu antara lain untuk mahasiswa dari Kabupaten Kutai Kartanegara baik yang belajar di universitas yang ada di Tenggarong maupun di Samarinda sebanyak 22 orang yang menerima Rp2,5 juta per orang.

Selain itu 119 mahasiswa dari Kutai Kartanegara juga ada yang menerima stimulan Rp2,6 juta per orang, sehingga total stimulan yang diberikan mencapai Rp309,4 juta.

Kemudian mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Berau terdapat 59 orang, baik mereka yang kuliah di Universitas Terbuka, Universitas Mulawarman, maupun Universitas Kaltara.

Mereka masing-masing menerima Rp2,6 juta sehingga total beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa asal pedalaman di Berau berjumlah Rp153,4 juta.

Selanjutnya sebanyak 70 mahasiswa dari Kabupaten Bulungan yang kuliah di sejumlah daerah baik di Universitas Kaltara maupun Unmul Samarinda, masing-masing juga menerima Rp2,6 juta sehingga total senilai Rp182 juta. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013