Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Kejuaraan Menembak Buritkang Metal Silhouette Open 2013 dibuka oleh Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) bidang Kemasyarakatan dan sumberdaya manusia H Otoy Usman di Lapangan Menembak Armed Jembayan, kecamatan Loa Kulu, Sabtu.

Kejuaraan dalam rangka memperingati hari jadi TNI ke-68 dan hari jadi kota Tenggarong ke-231 tersebut, merupakan kerja sama antara pengurus cabang Persatuan olahraga Menembak Indonesia (Perbakin) Kukar dan Armed Jembayan.

Acara yang berlangsung hingga Minggu (20/10) itu, mempertandingkan dua nomor lomba yaitu Metalic Silhouette kelas pompa atau per, dan Metalic Silhouette kelas gas udara tekan.

Untuk Metalic Silhouette kelas pompa atau per, dipertandinkan dalam tiga posisi yaitu tiarap, jongkok dan berdiri dengan jarak 22 meter baik perorangan maupun tim, dengan senjata senapan angin kaliber 4,5 mili meter jenis pompa atau per.

Sedangkan Metalic Silhouette kelas gas udara tekan, juga dipertandinkan dalam tiga posisi, dengan jarak 33 meter baik perorangan maupun tim. dengan senjata senapan angin caliber 4,5 mili meter jenis gas udara tekan.

Panitia acara tersebut, Kapten Armed Arif Budiman mengetakan peserta kejuaraan terdiri dari anggota maupun bukan anggota klub dari berbagai Pengcab perbakin, serta anggota TNI maupun Polri.

Menurut Arif, kejuaraan itu diharapkan dapat menjadi media sosialisasi bagi pemilik senapan angin kaliber 4,5 mm supaya dapat terarah dan teroganisir. Selain itu, lanjutnya, dengan penyelenggaraan yang rutin diharapkan dapat menjadi sarana bagi Perbakin Kukar dan klub peserta untuk melakukan pembinaan bibit atlet menembak.

Kemudian, Arif mengatakan kejuaraan itu dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul dan berbagi pengalaman atlet menembak, sekaligus ajang mengasah kemampuan dan mental bertanding guna menorehkan prestasi.

"Saya harap para pelaku usaha dapat ikut berpartisipasi memajukan dan menggairahkan olahraga menembak di Kukar ini," demikian harapnya.

Sementara Komandan Batalyon Armed 18 Buritkang Letkol W Rimoko Ardhani menyambut baik event tersebut, karena dengan adanya kejuaraan itu dapat memupuk silaturahim antara Armed dengan masyarakat dan peserta lomba.

Dia juga berharap agar silaturahim tersebut bukan hanya ada saat kejuaraan, tetapi jika petembak yang ingin berlatih silahkan datang ke Armed Jembayan.

"Intinya kami siap mewadahi apabila ada rekan-rekan yang ingin menyalurkan hobi. Tetapi sarana kami terbatas terutama lapangan tembak, jadi kepada yang berwenang kami mohon solusi untuk keterbatasan teresbut," harapnya.

Sedangkan Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Kemasyarakatan dan SDM H Otoy Usman, saat membuka acara tersebut mengatakan pembinaan olahraga menjadi perhatian Pemkab guna memupuk tumbuh kembang atlet agar berprestasi.

"Kejuraan ini strategis untuk menyalurkan bakat petembak agar berprestasi dan melahirkan atlet andalan Kukar," ujarnya.

Pembukaan kejuaraan itu ditandai dengan menembak sasaran balon oleh H Otoy dan Letkol W Rimoko, kemudian dilanjutkan dengan ekshibisi menembak sasaran jarak 15 meter dengan pistol kaliber 9 mm.

Acara pembukaan juga dihadiri pengurus Pengcab Perbakin Kukar Irfan Pranata, Ketua Koni Kukar Abdul Rasyid dan beberapa kepala instansi di lingkungan Pemkab Kukar. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013