Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendirikan pusat informasi penanganan dan pencegahan kekerdilan anak (stunting) akibat kurang asupan gizi di daerah itu.
 
"Pemerintah Kabupaten Penajam terus mengidentifikasi penyebab utama anak stunting," kata Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa di Penajam, Rabu, 
 
Penyebab kekerdilan anak tersebut tidak selalu identik dengan kekurangan gizi saja, pola asuh dan faktor lingkungan atau sanitasi bisa menjadi penyebab anak stunting.
 
Alat timbang dan pengukur tinggi badan yang ada di Posyandu (pos pelayanan terpadu) masih konvensional (tradisional/manual) kurang akurat, sehingga harus diganti dengan alat modern atau digital.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bakal melengkapi kader Posyandu dengan peralatan yang memadai untuk mengidentifikasi kekerdilan anak.
 
Kader Posyandu juga akan diberi pelatihan menyangkut stunting jelas dia, dan mendirikan pusat informasi penanganan dan pencegahan kekerdilan anak ditangani kader Posyandu.
 
Pusat informasi penanganan dan pencegahan stunting ditempatkan di Sekretariat PKK (pemberdayaan kesejahteraan keluarga) Kabupaten Penajam Paser Utara di Jalan Provinsi Kilometer 9, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.
 
Pendirian pusat informasi penanganan dan pencegahan kekerdilan anak tersebut sebagai salah satu upaya untuk mempercepat penanggulangan kasus stunting di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mendirikan pusat informasi (command center) penanganan dan pencegahan kekerdilan anak bekerja sama dengan Universitas Gunadarma.
 
Command Center menjadi pusat informasi penanganan dan pencegahan stunting di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Pemerintah kabupaten terus berupaya tekan kasus kekerdilan anak, tahun ini (2022) stunting tercatat 897 kasus tersebar di empat kecamatan," kata Hamdam Pongrewa.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022