Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama dengan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan identifikasi bakat kepada para pelajar dalam rangka mencari potensi bibit atlet berprestasi dari dari daerah.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Masturi Akbar mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 900 siswa terdiri dari siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP) dan Sekolah Menengah Atas ( SMA) dari Kota Samarinda dan wilayah terdekat.

"Kegiatan identifikasi bakat ini digelar selama tiga hari yakni dari tanggal 18-20 Oktober 2022 bertempat di Kantor Dispora Kaltim," kata Masturi Akbar di Samarinda, Kamis.

Masturi mengatakan kegiatan penjaringan bibit atlet muda dari kalangan para pelajar ini merupakan program rutin yang dilaksanakan Kemenpora setiap tahunnya.

"Tujuan pelaksanaan identifikasi bakat ini untuk mencari bibit-bibit atlet yang berpotensial dan lanjutnya akan kita lakukan pembinaan," ucap Masturi.

Ia menambahkan bahwa Dispora Kaltim juga melaksanakan program identifikasi bakat di luar dari program Kemenpora khususnya untuk beberapa cabang olahraga seperti Atletik dan Bulutangkis.

"Mudah-mudahan dari cabang olahraga ini bisa muncul atlet-atlet bertalenta dari Kaltim yang bisa berprestasi di tingkat nasional dan internasional," katanya.

Masturi menjelaskan pada hari pertama identifikasi bakat para siswa dibekali dulu sejumlah materi olahraga melalui bimbingan teknis (Bimtek).

"Hari berikutnya sudah mulai dengan penilaian kepada para peserta dan dilanjutkan dengan tahap evaluasi," jelas Masturi.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022