Pengurus Jejaring Panca Mandala (JPM) Daya Taka bersilaturahmi ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Paser, setelah dideklarasikan bersama JPM kabupaten/kota lainnya di Kota Samarinda pada 7 Oktober 2022. 

"Tujuan kami untuk silaturahmi sekaligus mengenalkan lima anggota JPM yang mewakili Kabupaten Paser," kata Ketua JPM Daya Taka Kabupaten Paser Zulkifli, Rabu (12/10). 

Ia menuturkan, pengurus JPM Paser beranggotakan lima unsur  yakni pemerintah, ormas, dunia usaha, pendidik dan pers. Kedatangan JPM Paser diterima Kepala Bakesbangpol  Paser Nonding. 

Pada pertemuan tersebut Zulkifli  menjelaskan bahwa JPM Daya Taka sudah resmi terbentuk dan sudah dideklarasikan di Samarinda bersama dengan JPM Kabupaten/ kota se-Kaltim pada 7 Oktober lalu. 

Ia menegaskan, JPM adalah mitra Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk membumikan Pancasila di daerah. 

Sementara Kepala Bakesbangpol Paser Nonding mengatakan tugas JPM berkaitan dengan tugas dan fungsi (tupoksi)  instansi yang dipimpinnya. 

"Ada bidang yang menangani penguatan ideologi Pancasila, jadi nanti bisa kita kolaborasikan," kata Nonding. 

Nonding juga menyampaikan, untuk menunjang kegiatan JPM, pihaknya akan mengupayakan pengalokasian anggaran. 

"Apalagi, Bupati Paser Fahmi Fadli sudah komitmen soal anggaran pada saat penandatangan MoU dengan BPIP, " katanya. 

Dia juga berharap kepada pengurus JPM Daya Taka meminta agar JPM menyusun rencana program kegiatan. 

Sementara Ketua JPM Daya Taka Zulkifli  menambahkan selama seminggu ke depan pihaknya terus melanjutkan  silaturahmi ke Dinas Pendidikan, Kodim dan Polres Paser. 

"Salah satu sasaran program JPM dalam membumikan Pancasila di kalangan pelajar karena itu kami perlu koordinasi dengan Dinas Pendidikan," katanya. 

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022