Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kota Samarinda, Kalimantan Timur, meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Lalu Lintas 2013 untuk Kota Besar dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Sekretaris Kota Samarinda Zulfakar Noor, Minggu, menyatakan, penyerahaan penghargaan itu berlangsung di Hotel Shangrila Surabaya, Jawa Timur, Kamis (3/10), yang diserahkan Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI Suroyo Aliemoeso.

"Prestasi ini merupakan bagian impian selama tujuh tahun yang menjadi kenyataan," ungkap Zulfakar Noor.

Penghargaan itu diraih Kota Samarinda lanjut Zulfakar Noor tidak terlepas dari keseriusan semua pemangku kepentingan mulai dari pemerintah dan Satuan Lalu Lintas Polresta dalam menyediakan sarana prasarana lalu lintas, pelayanan serta antusiasme masyarakat yang tertib dan berdisplin diri dalam berlalu lintas.

"Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa Samarinda terus membenahi sistem transportasi di bidang darat, khususnya di wilayah perkotaan, sehingga penghargaan ini bisa diberikan kepada kita," kata Zulfakar Noor.

Pemerintah Kota Samarinda lanjut Zulfakar Noor menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga kota atas partisipasi aktifnya dalam memelihara ketertiban lalu lintas.

Dia berharap peran aktif tersebut bisa terus terjaga, termasuk menciptakan faktor transportasi yang kondusif. Sebab, ketertiban dan kelancaran lalu lintas merupakan salah satu faktor pendukung untuk memajukan perekonomian masyarakat.

"Jadi, sudah sepantasnya cerminan dari prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat di Samarinda agar semua aturan dapat dipatuhi bersama, sehingga transportasi dapat menjadi ikon pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kota tepian," ujar Zulfakar Noor.

Penghargaan WTN 2013 diikuti 109 kabupaten/kota se-Indonesia.

Setelah melalui proses seleksi, sebanyak 96 Kabupaten/kota yang lolos evaluasi yang dibagi menjadi enam kategori, yaitu plakat WTN, Piala WTN, piala WTN kategori lalu lintas, piala WTN kategori angkutan dan piala WTN Wiratama. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013