Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 10 guru dari 10 SMP di Samarinda dan Balikpapan, Kaltim, akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) 2014 yang digelar Direktorat Pembinaan SMP, Kemendikbud di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Bimtek UN bagi guru SMP digelar serentak di tiga region, yakni Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru, sedangkan Kaltim bersama 11 provinsi lain masuk di region Makassar yang akan digelar pada 21-26 Oktober 2013," ucap Kabid Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Jumat.

Bimtek Remidial UN SMP ini, lanjut Asli, merupakan Bimtek awal yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Setelah ini, akan ada lagi Bimtek sejenis baik yang akan digelar oleh Kemendikbud maupun pemerintah daerah, atau Bimtek yang dilakukan dengan pola kerjasama antara Kemendikbud dengan Dinas Pendidikan Kaltim maupaun dengan kabupaten dan kota.

Sebanyak 10 guru dari dua kota yang akan mengikuti Bimtek Remidial UN di Makasar itu adalah Bimtek tentang mata pelajaran yang diujikan dalam UN, yakni mata pelajaran Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Rincian guru yang akan jadi peserta dari SMP di Samarinda adalah satu guru Biologi di SMPN 13, satu guru Fisika dari SMPN 37, satu guru Bahasa Indonesia dari SMPN 28, satu guru Bahasa Inggris dari SMPN 16, dan satu guru Matematika dari SMPN 45.

Sedangkan guru dari SMP di Balikpapan adalah satu guru Biologi dari SMPN 22, satu guru Fisika dari SMPN 11, satu guru Bahasa Indonesia dari SMPN 14, satu guru Bahasa Inggris dari SMPN 8, dan satu guru Matematika dari SMPN 4.

Tujuan digelarnya Bimtek Remidial UN SMP ini adalah untuk meningkatkan prestasi hasil belajar, yakni setelah para guru mendapat bimbingan teknis dari nara sumber berkompeten, maka hasilnya itu akan dipraktikkan untuk menularkan ilmunya kepada siswa.

Guru-guru yang telah mendapatkan ilmu dari Bimtek tersebut juga diharapkan mampu mengajak, atau menularkan teknik yang dikuasainya kepada rekan-rekan mereka sesama guru, agar guru-guru di sekitarnya juga memiliki pengetahuan yang sama tentang pola menyampaikan pelajaran kepada siswa.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013