Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Kadispora Kaltim) Agus Tianur mengupayakan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat bisa mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Jawa Timur. 


"Kami sedang mengupayakan pendanaannya melalui APBD Perubahan tahun ini. Semoga berhasil. Terima kasih ya, telah diingatkan," ujar Agus melalui pesan pendek WhatsApp saat dihubungi, Selasa. 

Sementara Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi mengucapkan terima kasih atas respon positif yang ditunjukkan Pemprov Kaltim melalui pendanaan yang akan dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) Perubahan tahun ini agar para atlet PWI Kaltim bisa ikut bertanding. 

Sebelumnya info mengenai belum ada kabar anggaran ke PWI Kaltim untuk biaya mengikuti Porwanas XIII pada November 2022 di Jawa Timur, dari awal ia berprasangka baik terhadap Pemprov Kaltim, mungkin karena surat permohonan dari PWI terselip atau ada hal yang tidak ia ketahui. 

"Surat permohonan bantuan untuk Porwanas XIII 2022 ini sebenarnya sudah lama dapat disposisi Gubernur Kaltim ke Dispora, jadi saya berprasangka baik saja bahwa di internal Dispora Kaltim sedang menjalankan prosedur administrasi yang sesuai," katanya. 

Untuk Itu, ia mengaku optimistis teman-teman wartawan yang selama ini telah mengikuti seleksi secara mandiri di masing-masing cabang olahraga (cabor), masih memiliki kesempatan untuk bisa bertanding di Jawa Timur dalam Porwanas mendatang. 

Sementara Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Mahendra mengatakan, hari ini pihaknya telah menemui Kadispora Kaltim terkait anggaran untuk Porwanas, Kadispora mengaku mengupayakan biaya dari APBD Perubahan dan berkoordinasi dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). 

Wiwid melanjutkan, dalam Porwanas XIII 2022 di Jawa Timur, Kaltim rencananya memberangkatkan sebanyak 65 atlet dan ofisial dengan sembilan cabor yang diikuti antara lain bridge, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, biliar, atletik, dan futsal.

"Porwanas XIII ini seharusnya digelar di Papua pada 2020, namun karena saat itu pandemi COVID-19 sehingga dibatalkan, kemudian disepakati bahwa Porwanas XIII diundur pada November 2022 dan digelar di Malang, Jawa Timur," ujar Wiwid. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022