Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di Desa Panca Jaya, Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, berhasil membangun 21 infrastruktur pertanian, yakni 19 jembatan, 1 jalan sepanjang 9 km, dan 1 pompa irigasi turap. 


"Terima kasih kepada anggota Satgas TMMD ke-114 tahun 2022 karena selama melaksanakan tugas, tidak ada pelanggaran. Ini merupakan langkah baik menjaga nama baik satuan dan keluarga," ujar Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi melalui rilis Penrem 091/ASN di Samarinda, Senin. 

Hal ini disampaikan saat ia dan rombongan meninjau persiapan penutupan TMMD di desa tersebut. Kedatangan rombongan disambut oleh Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Inf Jeffry Satria, Minggu (21/8).

Peninjauan dilakukan karena yang menutup TMMD tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), yakni direncanakan pada 24 Agustus, sehingga pihaknya harus memastikan rute lokasi penutupan, sekaligus sejauh apa kesiapan yang dilakukan oleh Kodim 0906/Kkr.

Ada beberapa titik yang ditinjau oleh Danrem 091'ASN dan rombongan dengan menggunakan sepeda motor trail, di antaranya landasan helipad, pompa air irigasi, jembatan, badan jalan, dan sawah untuk panen raya yang ada di lokasi TMMD, yakni di kawasan pertanian Desa Panca Jaya.

"Adanya TMMD ke- 114 ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian dalam arti luas, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah karena kini telah didukung dengan jalan, jembatan, dan irigasi," katanya. 

Sebelumnya, Bupati Kukar Edi Damansyah saat membuka TMMD di desa tersebut pada Selasa (26/7) mengatakan, kegiatan itu sangat penting karena kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan yang menjadi prioritas penanggulangan kemiskinan oleh Pemkab Kukar.

TMMD tersebut diharapkan dapat menjadi upaya percepatan terobosan pembangunan, mengingat lokus TMMD adalah desa yang terus didorong agar mampu meningkatkan  kesejahteraan masyarakat setempat dan sekitarnya. 

"Dukungan kami dari kegiatan ini adalah sinergi dan pembiayaan. Kami berharap TMMD ini menjadi titik awal bagi Desa Panca Jaya karena ada satu hektare lebih lokasi yang dijadikan percontohan kerja sama Pemkab Kukar dengan Kodim 0906/Kkr, khususnya untuk Program Ketahanan Pangan," ucap Edi. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022