Penajam (ANTARA Kaltim) - Hasil pleno rekapitulasi perolehan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di empat kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur jalur perseorangan Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni meraih suara terbanyak dengan 23.068 suara atau 39,94 persen.

Sementara, pasangan Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal meraih 22.334 suara atau 38,67 persen dan Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex dengan jumlah perolehan suara 12.355 atau 21,39 persen.

Rekapitulasi perolehan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013 tingkat PPK di empat kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara itu dilaksanakan serentak pada Jumat.

“Data perolehan suara itu, mudah-mudahan sudah tidak berubah lagi karena dari hasil pleno PPK,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Arfin, Jumat.

Berdasarkan hasil pleno tingkat PPK tersebut lanjut Andi Arfin, pasangan nomor urut tiga, Imdaad-Ipong meraih suara terbanyak dengan 23.068 disusul pasangan Awang-Mukmin serta urutan ketiga pasangan Farid-Sofyan.

Tingkat partipasi warga yang memberikan hak suara di TPS pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang dilaksanakan pada 10 September 2013 itu lanjut Andi Arifin sebesar 51,48 persen dari 115.108 daftar pemilih tetap (DPT).

"Tingkat golput atau warga yang tidak memberikan hak suaranya pada pemiliha gubernur mencapai 48,52 persen," katanya.
 
Saat ini kata dia, sudah tiga PPK sudah menyerahkan hasil pleno kepada KPU Penajam Paser Utara.

Namun, dipastikan semua PPK sudah menyerahkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur tersebut sebelum digelar rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat kabupaten yang rencananya dilaksanakan pada Senin 16/9).

“Pada Senin (16/9) sekitar pukul 11.00 kami menggelar pleno hasil rekapitulasi yang juga akan dihadiri masing-masing timses,” jelasnya.

Sementara, Ketua Tim Sukses pasangan Awang-Mukmin, Nanang Alie mengaku, sudah mengetahui bahwa pasangan nomor tiga Imdaad-Ipong yang meraih suara terbanyak.

“Kami sudah tahu, tapi kemungkinan ada perbedaan jumlah dengan rekapitulasi dari timses karena selisihnya hanya berkisar 400 suara. Tapi kalau ada selisih sekitar 700 suara, maka tidak menjadi masalah,” ujar Nanang Alie yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten PPU ini. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013