Bupati Berau, Kalimantan Timur, Sri Juniarsih menyebut kondisi keamanan merupakan syarat mutlak mencapai keberhasilan pembangunan, sehingga ia berharap Korem 091/ASN Samarinda beserta jajaran terus mempertahankan suasana kondusif. 


"Tidak dapat dipungkiri, kondusif adalah syarat mutlak bagi daerah bergerak maju dalam berbagai aspek pembangunan, sehingga saya berharap dukungan Korem 091/ASN hingga Kodim 0902/Berau," ujar Sri Juniarsih melalui rilis Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Jumat. 

Sehari sebelumnya, saat peletakan batu pertama pembangunan Markas Kodim 0902/Berau yang dilakukan bersama dengan Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Dendi Suryadi, Sri Juniarsih berharap jalinan kerja sama antara Kodim dan Pemkab Berau senantiasa berjalan selaras.

Pemkab Berau, lanjutnya, memiliki visi mewujudkan Kabupaten Berau yang maju dan sejahtera dengan sumber daya manusia (SDM) yang andal, untuk transformasi ekonomi dalam peningkatan sumber daya alam (SDA) secara berkelanjutan. 

"Untuk itu, saya juga meminta Dandim 0902/Berau untuk dapat mendukung visi tersebut, tentunya dukungan yang diberikan disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi Kodim 0902/Berau, terutama terkait suasana yang kondusif," ujarnya.

Keberadaan markas kodim, katanya, diperlukan untuk melaksanakan berbagai pertemuan formal maupun non-formal, karena selama ini Kodim 0902/Berau telah membuktikan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) ramah dan bersahabat dengan rakyat.

"TNI adalah pengayom dan mitra bagi masyarakat. Selain itu, TNI juga selalu bersinergi dalam berbagai agenda pembangunan, terutama dalam aspek keamanan wilayah. Kami pun melihat seluruh jajaran TNI di 'Bumi Batiwakkal' ini sudah cukup memberikan sikap yang humanis dan dekat dengan masyarakat," ujarnya.

Ia melanjutkan, pembangunan gedung Makodim tentu menjadi dambaan bagi Pemkab Berau hingga masyarakat, sehingga ia berharap gedung yang bakal menjadi kantor bagi jajaran Kodim 0902/Berau kelak dimanfaatkan secara optimal dan dapat memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat.

Sri Juniarsih juga meminta kepada Kodim 0902/Berau, jika pembangunan gedung tersebut telah rampung dan resmi berdiri hingga beroperasi, agar setiap fasilitas dapat dirawat dan dijaga agar bisa bermanfaat untuk waktu yang lama.

Sementara Komandan Korem 091 /ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi mengapresiasi dukungan Pemkab Berau, karena dukungan yang diberikan bukan hanya secara moral, tapi juga mengalokasikan sebagian APBD Berau 2022 untuk membantu pembangunan Makodim 0902/Berau.

"Jika gedung Makodim ini berdiri, pasti akan berakselerasi menunjang visi dan Bupati dan Wakil Bupati Berau, karena sesuai Pasal 7 Ayat 5 UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, disebutkan bahwa salah satu tugas TNI AD adalah membantu tugas pemerintah daerah," kata Dendi.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022