Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim akan menggelar Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2013 bagi siswa SMA dan sederajat, yang merupakan ajang kompetisi diskusi dan penulisan guna meningkatkan rasa nasionalisme.

"PCTA 2013 ini digelar atas kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Pertahanan sehingga parade ini melibatkan seluruh siswa SMA di Indonesia," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Minggu.

PCTA tingkat Provinsi Kaltim akan digelar pada 25 September yang diikuti sembilan kabupaten dan kota di Kaltim.

Bagi juara pertama dalam ajang ini, akan mengikuti PCTA tingkat nasional di Jakarta pada Oktober mendatang.

Pada PCTA tingkat Provinsi Kaltim kategori diskusi diikuti 30 kelompok, masing-masing kelompok terdapat tiga orang sehingga total peserta PCTA katagori diskusi sebanyak 90 orang.

Dalam PCTA ini juga ada parade penulisan tentang kecintaan terhadap NKRI. Untuk lomba penulisan artikel dibuka untuk perorangan dengan jumlah tidak dintasi bagi tiap provinsi, sedangkan parade diskusi maksimal 30 kelompok per provinsi.

Para juara I, II, dan III dalam lomba diskusi dan penulisan artikel akan diumumkan di akhir acara pada 25 September 2013.

Masing-masing juara pertama akan mengikuti ajang yang sama di tingkat nasional pada Oktober 2013.

Menurut Asli, ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan itu, di antaranya para peserta lomba PCTA 2013 akan memiliki kemampuan mengekspresikan pemikiran, baik secara lisan maupun tulisan mengenai bela negara serta cinta Tanah Air.

Asli menambahkan, lomba ini juga dimaksudkan untuk mencapai target pembinaan pembentukan karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan, dan memiliki kesadaran bela negara.

"Kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan program bela negara bagi pelajar SMA di seluruh Indonesia," katanya.

Di tingkat nasional, setelah menyelesaikan rangkaian lomba, seluruh peserta grand final akan mengikuti kegiatan City Tour di Jakarta, seperti ke Monas, Museum Satria Mandala, Istana Negara, dan ke pameran teknlogi pertahanan bertaraf internasional Indo Defence 2013.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013