Samarinda (ANTARA ) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan beasiswa untuk program pelajar dan mahasiswa berprestasi di luar akademik untuk 388 orang yang berprestasi bidang olahraga, seni, dan sains.

"Nilai beasiswa yang diterima oleh pelajar dan mahasiswa dari Pemprov Kaltim itu tidak sama, yakni disesuaikan dengan tingkat dan jenis prestasi yang diperoleh, nilainya paling kecil Rp1.250.000 dan paling banyak Rp5.000.000 per orang," kata Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu.

Untuk penghargaan berupa beasiswa yang sebesar Rp1.250.000 itu, seperti yang diterima Aura Diva Adila dari SDN 011 Samarinda Ulu, karena dia berhasil mewakili Kaltim dalam Kejuaraan Nasional Karate Usia Dini memperebutkan Piala Kementerian pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemudian penghargaan sebesar Rp5.000.000 diberikan kepada Yumaedi Pabia dari Universitas Mulawarman Samarinda, karena dia berhasil lolos dalam World Chor Games Internasional.

Dia mengatakan, program beasiswa berupa penghargaan bagi mereka yang berprestasi itu diberikan oleh Dinas Pendidikan Kaltim, memiliki banyak tujuan, di antaranya adalah agar mereka yang menerima penghargaan dapat lebih meningkatkan potensi dirinya.

Selain itu, penghargaan itu diberikan juga untuk memotivasi rekan mereka yang lain agar terpacu untuk bersaing dengan rekannya yang telah lebih dulu unggul di bidangnya, sehingga akan muncul persaingan sehat dan memunculkan bibit baru baik dalam keolahragaan, kesenian, maupun bidang sain dan sejenisnya.

Beasiswa prestasi lainnya antara lain diberikan kepada Agnesia Apriliani dari SMA N 1 Samarinda sebesar Rp1.750.000, karena dia berhasil berprestasi dalam Olimpiade Sains Nasional bidang Astronomi tingkat Kaltim.

Selanjutnya penghargaan beasiswa Rp2.000.000 diberikan kepada Ahmad Ghozali dari SMA N 10 Samarinda karena berhasil berprestasi dalam Lomba Tari Beregu Tradisional Indonesia tingkat Kaltim.

Kemudian penghargaan beasiswa sebesar Rp2.500.000 diberikan kepada Ahmad Juhadi asal Kutai Timur yang sekolah di SMA N 10 Samarinda, karena dia berhasil berprestasi dalam Debat Bahasa Indonesia tingkat Nasional.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013