Kota Samarinda, Kalimantan Timur, mengalami dua kali kebakaran dalam sehari ini, yakni kebakaran di Toko Dewi Sport di Jalan Mulawarman dan kebakaran rumah di Jalan Swadaya Gang 2.


“Kami bersama sejumlah Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) cepat bergerak menangani sehingga kebakaran tidak sempat meluas,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda Hendra AH di Samarinda, Senin.

Kebakaran di Toko Dewi Sport, pada Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, tadi, katanya, terjadi pada pukul 08.15 wita hingga 10.30 wita, atau dengan durasi 2 jam 15 menit.

Area terbakar satu bangunan pada lantai 2 dan 3 dengan luas area yang terbakar 10 x 30 meter, tidak ada pihak lain yang terdampak dalam kejadian tersebut.

Berdasarkan keterangan di lokasi kejadian, lanjutnya, api muncul dari lantai 2, sedangkan penyebab api masih hingga kini masih menunggu penyelidikan dari pihak kepolisian.

Ia mengatakan, sejumlah unit pemadam kebakaran (damkar) yang datang ke lokasi dari Disdamkar Samarinda berupa dua truk pemadam melalui Posko 1.

Kemudian Posko 2 menurunkan satu unit truk damkar, lantas dari Posko 3 menurunkan dua truk damkar, satu unit tangga jerapah, dan satu unit mobil penyelamatan.

Ada pula unit damkar bantuan Satuan PMK Swasta Samarinda, Satuan Balakarcana Samarinda, dan sejumlah Relawan Pemadam Kota Samarinda.

"Untuk kebakaran yang di Jalan Swadaya Gang 2 juga ada satu rumah yang terbakar. Kebakaran yang di Swadaya ini langsung ditangani oleh teman-teman relawan, karena waktu kejadian tim kami masih memadamkan di Jalan Mulawarman. Saat kami bersiap meluncur, api sudah padam," katanya.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada para relawan pemadam, karena sigap bergerak memadamkan api dan menolong warga.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022