Komando Resor Militer (Korem) 091/ASN Samarinda, Kalimantan Timur, mendistribusikan sebanyak 780 paket daging kurban kepada keluarga besar Korem, pondok pesantren, dan warga, hasil penyembelihan kurban kemarin dan hari ini.


"Di Korem ini totalnya ada 17 ekor sapi kurban. Dari jumlah ini, 12 ekor dipotong di sini, kemudian yang 5 ekor didistribusikan ke mushala, masjid, dan Balak Aju Kodam VI/Mulawarman di Wilayah Korem," ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi di Samarinda, Senin.

Sedangkan 780 paket daging sapi yang telah didistribusikan tersebut merupakan hasil penyembelihan 12 ekor sapi, yakni 3 ekor sapi yang disembelih hari ini dengan menghasilkan 300 paket.

Sedangkan selebihnya yang sebanyak 480 paket daging merupakan hasil penyembelihan yang dilakukan kemarin, Minggu, 10 Juli, yakni sebanyak 8 ekor sapi yang disembelih.

Menurutnya, Idul Adha merupakan momentum untuk berbagi, sedangkan penyembelihan hewan kurban merupakan bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah SWT, karena Allah melihat keteguhan hati dan tingkat keimanan manusia.

Ibadah kurban yang digelar setiap tahun tersebut diharapkan dapat menjadi sumber kekuatan bagi setiap insan untuk membangun kualitas hidup, sekaligus untuk meningkatkan kepedulian dan jiwa sosial kepada sesama.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Korem 091/ASN Kapten Infanteri Utama mengatakan, rincian dari 5 ekor sapi yang diserahkan ke luar itu adalah 1 ekor ke Masjid Almusyawarah, 1 ekori ke Mushola Miftahul Huda, Gang Soponyono, dan 3 ekor ke Balak Aju.

Sedangkan distribusi sebanyak 780 paket daging sapi tersebut antara lain ke Ponpes Sabil Arsyad, Legiun Veteran, Yayasan Tuna Rungu, Yayasan Yatim Mandiri, Yayasan Bina Potensi Anak Bangsa.

"Kemudian untuk warga sekitar Korem 091/ASN, warakawuri, mushala di Kelurahan Air Putih, mushala di Jalan Awang Long, Ponpes Tahfiz Al-Quran. Tiap paket rata-rata berisi 1,5 kg daging," kata Utama.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022