Sangatta (ANTARA Kaltim) - Letkol Inf Andi Gunawan resmi menjabat sebagai Komandan Kodim 0909/SGT Kalimantan Timur menggantikan Letkol Inf Husni Mubarak.

Acara lepas sambut Letkol Inf Husni Mubarak ke Letkol Inf Andi Gunawan berlangsung sederhana di Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi Sangatta Kutai Timur Kaltim, Selasa (20/8) malam.

Dalam acara itu hadir Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi dan seluruh Komandan Kodim se-Kalimantan Timur, Bupati Kutai Timur Isran Noor dan Ketua DPRD serta para tokoh masyarakat, pemuka adat dan Organisasi masyarakat serta organisasi kepemudaan.

Komandan Kodim yang baru Letkol Inf Andi Gunawan dalam sambutan singkatnya mengharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak, sebab, jabatan yang disandangnya ini merupakan tugas pertamanya di luar pulau Jawa dan tugas territorial.

"Sejak saya menjadi TNI AD selama 20 tahun baru kali ini mendapat tugas territorial dan di luar pulau Jawa," kata Letkol Inf Andi Gunawan.

Menurut dia, selama 20 tahun menjadi TNI AD, dirinya barada di Kostrad dan Baret Merah Pasukan Khusus (Paskhas) TNI Angkatan Darat, sedangkan teritorial itu baru yang pertama, sehingga belum mengetahui banyak kondisinya.

Tetapi meskipun baru pertama bertugas di teritorial, dirinya yakin bahwa dalam satu atau dua bulan ke depan akan banyak mengetahui dan mengenal kondisi dan wilayah Kutai Timur yang dikenal sangat luas.

"Saya juga berjanji akan meneruskan program-program dan karya yang sudah diletakkan para pendahulu di Kodim 0909/SGT," ujar Letkol Andi Gunawan yang didampingi istrinya.

Sedangkan Letkol Inf Husni Mubarak menempati pos baru sebagai Wakil Asisten Operasi Kodam VI Mulawarman. Ia berharap agar apa yang telah dicapai pendahulunya terus dilanjutkan.

"Selama tiga tahun saya bertugas di Kodim 0909/SGT, banyak sekali pengalaman menarik dan pengalaman yang kurang menarik, namun semua itu merupakan bagian dari tugas-tugas dalam rangka menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Husni Mubarak juga mengatakan apresiasi dan salut dengan peran dan kontribusi para tokoh dan pemuka adat yang selama mampu menjaga keamanan dan ketertiban dan sosial masyarakat.

"Kita semua berharap agar kedepan kondisi wilayah kutai timur semakin aman dan kondusif dan semua pihak tetap menjaga kebersamaan dan menjaga komunikasi yang baik," katanya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013