Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemprov Kaltim melalui lembaga terkait dalam tahun anggaran 2013 menyalurkan beasiswa senilai Rp1,214 untuk seluruh daerah, yakni pendaftaran penerimaannya melalui masing-masing pemerintah kabupaten dan kota.

"Total beasiswa dari pemprov pada 2013 senilai Rp149 miliar, sedangkan yang dikelola melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang sebesar Rp97,5 miliar. Kemudian khusus untuk beasiswa melalui kabupaten dan kota sebesar Rp1,214 miliar," ujar Bohari Yusuf, Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang, di Samarinda, Kamis.

Total jumlah beasiswa Rp1,214 miliar itu untuk 467 mahasiswa program strata satu (S1) berbagai jurusan yang kuliah di beberapa daerah di Indonesia, antara lain di Malang, Samarinda, Tarakan, Tenggarong, dan Surabaya.

Masing-masing mahasiswa dari seluruh kabupaten/kota di Kaltim yang kuliah di beberapa kota itu menerima beasiswa Rp2,6 juta.

Rincian dari beasiswa per kabupaten dan kota itu antara lain, mahasiswa yang beralamat di Balikpapan sebanyak 44 orang sehingga beasiswa yang digulirkan sebesar Rp114,4 juta. Mereka antara lain kuliah di Samarinda dan Makassar.

Selanjutnya beasiswa untuk mahasiswa dari Kabupaten Berau tercatat 42 orang sehingga total beasiswa yang digulirkan sebanyak Rp109,2 juta.

Mereka antara lain menempuh pendidikan di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Borneo Samarinda, Universitas Negeri Malang, dan Sekolah tinggi Ilmu Tarbiyah.

Penerima berikutnya adalah mahasiswa asal Bontang yang berjumlah 33 orang sehingga total beasiswa yang digulirkan sebanyak Rp98,8 juta.

Para mahasiswa dari Bontang itu antara lain mengambil jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknik Pertambangan, Pendidikan Kimia, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Komunikasi, semuanya di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

Selanjutnya adalah beasiswa yang diberikan kepada 33 mahasiswa S1 untuk Kabupaten Bulungan, sehingga nilai beasiswanya mencapai Rp98,8 juta.

Mereka antara lain mengambil jurusan Matematika di Universitas Kaltara Tanjung Selor, Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Tinggi Teologia Jaffray, Pendidikan Bahasa Inggris di Unmul Samarinda, dan Universitas Borneo Tarakan. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013