Danrem 091/Aji Surya Natakesuama (ASN) Brigjen TNI Dendi Suriyadi serahkan bantuan  sembako kepada seluruh warga yang terdampak  musibah banjir di Desa Gunung Sari Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).
 

"Sembako yang kita serahkan  merupakan bantuan dari perusahaan PT Bayan Group yang bekerja sama dengan TNI dalam penyalurannya kepada warga  terdampak banjir.,” kata Dendi di Samarinda, Kamis.

Ia mengatakan, bantuan sembako  sebanyak 2.500 paket itu diserahkan  kepada camat setempat  agar pendistribusiannya cepat sampai kepada warga.

Danrem  meminta  kepada warga, dengan adanya banjir siklus 10 tahunan  tersebut  diharapkan warga  selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan membuang sampah sembarangan, apalagi membuang langsung ke sungai karena dapat menyebabkan pendangkalan pada sungai sehingga bila turun hujan dapat menyebabkan banjir dikarenakan air meluap," pesannya.

Ia menjelaskan, akhir-akhir ini  curah hujan cukup tinggi mengakibatkan meluapnya air  sungai Belayan dan tidak mampu menampung debit air  sehingga banjir  menggenangi dua kecamatan, yakni Kecamatan Tabang dan Kecamatan Kembang Janggut.

Dikemukakannya, sedikitnya ada sekitar 14 desa di Kecamatan Tabang yang terdampak banjir. Diantaranya Desa Sidomulyo, Umaq bekuay, Umaq Tukung, Tabang lama, Muara Pedohon, Kampung Baru, Umaq Dian, Muara Tiq, Muara Ritan, Buluqsen, Tukung Ritan, Ritan Baru, Long Lalang dan desa Gunung Sari.

Sedangkan di Kecamatan Kembang Janggut ada  tujuh  desa yang terdampak, diantaranya Desa Long Bleh Modang, Long Bleh Haliq, Muai, Pulau Pinang, Perdana, Bukit Layang dan Desa Kelekat.

Sementara salah satu warga mengaku senang dengan kehadiran Danrem 091/ASN ke Desa Gunung Sari  sebagai bentuk dukungan moril kepada warga yang terdampak banjir.

"Kami sangat senang dengan kehadiran TNI di tengah masyarakat. Selama banjir kami tidak bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya  karena semua akses jalan yang ada tidak bisa di lalui dan tertutup dikarenakan luapan Sungai Belayan yang begitu tinggi," katanya.
 

Pewarta: R'Sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022