Penajam (ANTARA Kaltim) -  Memasuki pekan keempat bulan ramadhan, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara mengalami penurunan cukup signifikan.

Berdasarkan pantauan, selain harga daging sapi yang turun hingga Rp25 ribu per kilogram ayam potong juga mengalami penurunan harga hingga Rp10 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang di pasar tradisional Penajam, Siti Aminah, Sabtu mengatakan, turunya harga ayam potong dan daging sapi di pasaran sangat dipengaruhi persediaan dari pemasok.

Bila persediaan mencukupi kata Siti Aminah, besar kemungkinan harga tidak mengalami banyak perubahan.

“Harga bisa normal kalau persediaan cukup banyak, sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen akan ayam potong dan daging sapi yang cukup meningkat,” ujarnya.

Menurut Siti Aminah, tidak seperti sebelumnya, karena persediaan cukup banyak, harga ayam potong di pasar tradisional Penajam kini mengalami penurunan menjadi Rp26.000 yang sebelumnya mencapai Rp36.000 per kilogram.

Selain itu, lanjutnya, harga daging sapi di pasar tradisional Penajam juga mengalami penurunan menjadi Rp100.000 dimana sebelumnya harganya mencapai Rp125.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Penajam Paser Utara Suyanto menjelaskan, harga ayam potong dan daging sapi di daerah itu  saat ini, mulai mengalami penurunan.

“Harga daging sapi saat ini berkisar Rp95.000 hingga Rp100.000 per kilogram sedangkan harga ayam potong rata-rata Rp26.000 per kilogram,” katanya.

Dari hasil monitoring yang dilakukan di pasar tradisional Penajam dan Petung lanjut dia, harga daging sapi Rp100.000 per kilogram, sedangkan di pasar tradisional Waru, Babulu dan pasar tradisional Sepaku hanya Rp95.000.

“Perbedaan harga itu dikarenakan permintaan daging sapi di Penajam dan Petung sangat tinggi. Untuk harga ayam potong di setiap pasar tradisional menjadi Rp26.000 per kilogram,” jelasnya.

Suyanto berharap, kondisi harga saat ini, dapat terus bertahan hingga Idul Fitri nanti, sehingga pemenuhan daging sapid dan ayam potong tidak menyulitkan masyarakat, khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Semantara itu tambahnya, untuk harga komoditas lainnya, sesuai dengan hasil monitoring di lapangan, harga bawang merah dan bawang putih diempat pasar tradsional masih stabil.

Dimana, harga bawang merah rata-rata Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp20.000 per kilogramnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013