Memasuki hari kerja pada Senin, 9 Mei 2022, jumlah pemudik antarkota antarprovinsi, dari Samarinda (Kaltim) ke Banjarmasin (Kalsel) dan sebaliknya masih tinggi, mencapai 12 bus berangkat, sementara yang datang di Samarinda sebanyak 11 bus. 


"Saya perkirakan hari ini merupakan puncak arus mudik dari Samarinda ke Banjarmasin maupun arah sebaliknya," ujar Humas Terminal Sungai Kunjang Samarinda untuk rute Kaltim-Kalsel Nor Jul Piansyah di Samarinda, Senin.

Sebanyak 12 bus yang berangkat dari Samarinda ini dengan jumlah penumpang sebanyak 397 orang, namun di Kota Balikpapan akan ada lagi penambahan penumpang yang belum ia pastikan berapa jumlahnya.

Dalam satu bus rata-rata berkapasitas 43 penumpang, sehingga total 12 bus dari Kaltim ke Kalsel melalui terminal di Samarinda mulai pagi hingga senja, maka total penumpang sebanyak 516 orang dengan penumpang tambahan dari Kota Balikpapan.

Sementara itu, perkiraan hari ini yang merupakan puncak arus mudik, dIdasarkan pada dua hal, pertama adalah sejak beberapa hari sebelumnya, tiket untuk rute ini sudah terjual habis hingga tanggal 9 Mei.

Perkiraan kedua adalah hari ini sudah mulai masuk kerja, sehingga dimungkinkan sudah banyak pemudik yang mulai kerja pada hari pertama, sedangkan untuk pegawai swasta atau yang berwirausaha, akan mulai kerja besok atau hari selanjutnya.

Berdasarkan hal ini, maka jumlah penumpang dari Kaltim ke Kalsel mulai besok diperkirakan menurun menjadi sekitar 260 per hari, atau di kisaran 5-7 bus per hari.

Dari Kalsel ke Kaltim pun diperkirakan mulai besok jumlah penumpangnya menurun di kisaran jumlah tersebut, sementara hari ini jumlah penumpang dari Kalsel yang turun di Terminal Sungai Kunjang Samarinda sebanyak 11 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 437 orang.

"Untuk harga tiket tidak ada kenaikan sejak sebelum Ramadhan hingga hari ini, yakni masih seharga Rp235 ribu per penumpang, busnya full AC dan ada fasilitas toilet," ujar Jul.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022