Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda menyatakan siap mengalokasikan dana untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur 2014 setelah KONI Kaltim menetapan daerah tersebut sebagai tuan rumah perhelatan akbar olahraga tingkat provinsi itu.

"Saya bangga dan menyambut baik atas keputusan KONI Kaltim ini. Kami akan segera menindaklanjuti keputusan itu," kata Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang di Samarinda, Jumat.

Hal itu disampaikannya dalam pertemuan dengan rombongan KONI Kaltim yang dipimpin oleh Ketua Umumnya Zuhdi Yahya yang bersilaturahmi sekaligus menyampaikan SK tersebut.

Kota Samarinda akhirnya resmi menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan olahraga Provinsi Kalimantan Timur 2014 melalui SK KONI Kaltim bernomor: SKEP-036 Tahun 2013 tentang penetapan itu.

"Saya juga menyambut positif sikap KONI Kaltim yang secara langsung menyampaikan surat ini sehingga kami punya waktu untuk mempersiapkan diri," katanya.

Kebutuhan dana tersebut sekitar Rp35 miliar. Namun, lanjut dia, akan ditanggung bersama oleh tuan rumah melalui APBD Kota Samarinda dan provinsi dalam APBD Kaltim 2014.

"Misalnya, beban kami hanya Rp10 miliar, saya pikir tidak menjadi masalah buat kami," ujarnya.

Sementara itu, Zuhdi Yahya menjelaskan bahwa kini terdapat 40 cabang olahraga yang resmi dipertandingkan dalam "multi-event" nasional.

Namun, untuk mempertandingkan semua cabang olahraga itu, kewenangannya ada pada pihak tuan rumah, yakni disesuaikan dengan ketersediaan prasarana dan sarana di Kota Samarinda.

Zuhdi juga menjelaskan bahwa Porpov Kaltim sangat strategis bagi persiapan provinsi itu terkait dengan target mencapai posisi lima besar di PON XIX-2016 Jawa Barat seperti dicapai pada PON sebelumnya di Riau pada tahun 2012. (*)

Pewarta: Iskandar Zulkarnaen

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013