Penajam (ANTARA Kaltim) - Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMK Pelita Gamma Penajam, Penajam Paser Utara, tidak lagi menggelar kegiatan fisik tetapi mewajibkan kepada 300 siswa baru selama bulan ramadhan untuk mengumpulkan mi instan dan makanan ringan kemudian disumbangkan di salah satu panti asuhan di Nenang.

Ketua panitia MOS, Syamsul Bahri, Rabu (17/7) menjelaskan, pada kegiatan MOS kali ini para siswa baru, lebih diarahkan untuk bisa bersentuhan langsung secara keagamaan, salah satunya dengan memberikan bantuan kepada warga yang kurang mampu, khususnya kepada anak yatim piatu di panti asuhan.

“Karena ini bersamaan dengan bulan puasa, sehingga kegiatan fisik kami tiadakan selama MOS, tapi kami ganti dengan kegiatan keagamaan,” ucapnya.

Untuk kegiatan keagamaan tersebut, tambah Syamsul ke 300 siswa baru diminta untuk menyumbangkan mi instan dan makanan ringan.

Dari hasil sumbangan tersebut kata dia berhasil terkumpul 12 kotak mi instan, empat kotak air mineral serta 200 makanan ringan dari berbagai jenis.

“Bukan hanya itu, pihak sekolah juga memberikan sumbangan berupa tiga karung beras,” ujarnya.

Kepala SMK Pelita Gamma Penajam Paser Utara, Imam Raharjo menyatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian siswanya kepada masyarakat yang kurang mampu.

Selain itu, kegiatan MOS juga lebih memfokuskan pengenalan lingkungan sekolah kepada 300 siswa baru yang berasal dari delapan jurusan.

“Jadi bentuknya dengan perkenalan profil sekolah dan aturan, karena siswa baru ini harus mengerti tentang keadaan dan budaya di SMK Pelita Gamma ini,” jelasnya.

Selain itu lanjut Imam, sekolah juga melakukan pembinaan agar para siswa baru bisa lebih mandiri karena kondisinya berbeda pada saat masih duduk di tingkat menengah pertama.

Bahkan kehidupan dan kemandirian usaha kata dia juga diperkenalkan kepada mereka serta siswa baru tersebut dididik untuk bisa lebih disiplin, sebagai modal utama yang akan diterapkan saat memasuki lingkungan kerja.

“Karakter kedisplinan harus kami terapkan, itu modal saat bekerja nantinya,” tegasnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013