Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2013-2018, mulai menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit AW. Sjahranie Samarinda, Senin.

Salah seorang komisioner KPU Kaltim, Jofri, dihubungi dari Samarinda, Senin, menyatakan pemeriksaan kesehatan ketiga pasangan calon gubernur tersebut dilakukan secara bertahap, yakni mulai Senin hingga Rabu (17/7).

"Hari Senin ini pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap pasangan calon dari jalur perseorangan yakni Imdaad Hamid dan Ipong Muchlissoni. Hingga Senin sore, pemeriksaan yang dikawal aparat kepolisian berjalan dengan lancar. Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian yang terus melakukan pengamanan pada tahapan pemilihan Gubernur Kaltim," tutur Jofri yang juga menjabat Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Kaltim, Senin.

Pada hari kedua atau Selasa (16/7), pemeriksaan kesehatan dijadwalkan akan dijalani pasangan calon yang diusung PPP dan PDIP.

"Pada Selasa 16 Juli, pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan terhadap pasangan calon yang diusung PPP dan PDIP yakni Farid Wadjdy dan Sofyan Alex. Selanjutnya, pada Rabu (17/7), pemeriksaan kesehatan dijalani pasangan `incumbent` yakni Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal," kata Jofri.

Hasil pemeriksaan kesehatan itu akan diumumkan pada 25 hingga 27 Juli 2013 sekaligus penetapan pasangan dan pencabutan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Terkait laporan hasil kekayaan ketiga pasangan calon, Jofri menyatakan ketiganya telah menyampaikan ke Komisi Pemberantsan Korupsi.

"Laporan terkait hasil kekayaan mereka sudah disampaikan ke KPK dan tinggal menunggu hasilnya baru akan kami sampaikan," ujar Jofri.

Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013-2018 yakni, pasangan `incumbent` Awang Faroek Ishak yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Kaltim berpasangan dengan Mukmin Faisyal yang menjabat Ketua DPRD Kaltim dan Ketua DPD Partai Golkar.

Keduanya diusng 10 partai politik koalisi di antaranya, Partai Golkar, PAN, Hanura serta Partai Demokrat.

Pasangan lainnya, Farid Wadjdy yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kaltim berpasangan dengan Sofyan Alex yang diusung PPP dan PDIP.

Sementara, pasangan Imdaad Hamid, mantan Wali Kota Balikpapan berpasangan dengan Ipong Muchlissoni, yang mejabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim.

Pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013-2018 akan berlangsung pada 10 September 2013. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013