Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Moeldoko secara resmi mencangkan Karya Bakti dan Bakti Sosial TNI 2013 di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Sabtu (6/7) sore.

Siaran Pers Penerangan Korem 091/ASN yang diterima ANTARA, Minggu, menyebutkan, pencanangan tersebut ditandai dengan pelepasan puluhan burung merpati dan balon di tribun utama halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara.

Kasad TNI Jenderal Moeldoko yang tiba di Tenggarong didampingi istri, Ny Koes Moeldoko, dan rombongan menggunakan pesawat Helly M-17 mendarat di halaman Gedung Puteri Milenu dalam kondisi cuaca hujan disambut Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Bupati Kukar Rita Widyasari dan Putra Mahkota Kutai Ing Martadipura dan sejumlah pejabat.

Kasad dan rombongan disambut dengan upacara adat Kutai berupa pengalungan bunga dan tepung tawar yang diiringi tarian Gendang Beleq Gema Nusantara khas Nusa Tenggara Barat serta tarian dan kesenian adat suku Kutai dan adat suku dayak.

Kasad Jenderal TNI Moeldoko yang datang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Pusat Ny. Koes Moeldoko, juga didampingi Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Decky W Usman, Aspam Kasad Mayjen TNI M Erwin Syafitri, Asops Kasad Mayjen TNI Dedi K Thamrin, Aster Kasad Mayjen TNI Meris Wiryadi, Asrena Kasad Mayjen TNI Muktiyanto, Danrem 091/ASN Brigjen TI Gadang Pambudi.

Komandan Kodim 0906/Tenggarong Letkol Inf Dendy Suryadi, mengatakan, Kasad Jenderal TNI Moeldoko juga melihat langsung kegiatan bakti sosial TNI di lokasi kegiatan seperti bertatap muka dan berbincang dengan pasien peserta operasi bibir sumbing, operasi katarak dan khitanan massal serta pelayanan KB dan hernia yang semuanya secara gratis.

Kegiatan Sunatan missal, operasi katarak, operasi bibir sumbing, hernia dan pelayanan KB merupakan rangkaian dari karya bakti dan bakti social TNI 2013 skala besar dan karya bakti berupa pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 1.500 unit di 16 kecamatan se-kabupaten Kutai Kartanegara.

Selain itu, TNI AD dari mengadakan pasar murah yang diikuti seluruh Kodim se-Kalimantan Timur dan pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) dan juga dari TNI AL dan SKPD Pemkab Kukar.

Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Dendy Suryadi mengatakan, setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan di Tengagrong Kukar, Kasad dan rombongan akan menghadiri acara silaturrahim bersama dengan Gubernur Kaltim beserta forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) di Lamin Etam Gedung Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda pukul 19.30 wita.

Sementara dalam sambutannya, Kasad Jenderal TNI Moeldoko mengatakan pencanangan karya bakti dan bakti sosial merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI Angkatan Darat terhadap kondisi masyarakat yang kurang mampu.

"TNI AD bersama Pemerintah Daerah dan pihak lain berupaya untuk membantu, memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat," katanya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013