Tenggarong (ANTARA Kaltim) – Persiapan pembukaan pelaksanaan Erau International Folklore & Art Festival (EIFAF) di Stadion Rondong Demang Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar) sudah mencapai 95 persen.

"Persiapan sudah 95 persen, sisanya hanya merapikan meja kursi dan dekorasi tribun barat stadion yang akan ditempati tamu undangan dan para pejabat," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar Sri Wahyuni, saat ditemui  usai geladi bersih Pembukaan Erau di Stadion Rondong Demang, Jumat (28/6).

Ia mengatakan, pembukaan Erau akan diawali dengan parade tim kesenian  dari delapan negara International Folklore, kemudian dilanjutkan dengan tarian dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.
Rencananya pembukaan pesta budaya Erau akan dibuka oleh  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu  sekaligus  memberikan sambutan .

Lanjut Sri Wahyuni di penghujung acara pebukaan Erau akan dimeriahkan tari massal dengan tema "Eroh Begenjoh" yang dibawakan 400 penari dari sanggar tari se Kukar, serta ditutup dengan aksi 10 penerjun payung dari Kopasus.

Sementara itu  dalam kegiatan  geladi bersih pembukaan pesta adat Erau  berbagai beberapa  rangkaian acara ditampilkan termasuk tari massal . Geladi itu juga dihadiri Asisten I Setkab Kukar H Chairil Anwar, Asisten II Bahteramsyah, Kabag Humas Protokol Dafip Haryanto, Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani dan Kepala Dispora Kukar Fitriadi.

Pembukaan Erau akan diawali dengan parade tim kesenian  dari delapan negara International Folklore, kemudian dilanjutkan dengan tarian dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Dalam geladi itu disebutkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu rencananya akan memberi sambutan sekaligus membuka Erau 2013.(Hayru)








Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013