Nunukan (ANTARA KALTIM) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh pelaksanaan Festival Nunukan Gemilang 2013 di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dengan memberikan dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan, Petrus Kanisius, di Nunukan, Jumat malam, menyatakan pelaksanaan "Festival Nunukan Gemilang 2013" kali ini mendapatkan dukungan penuh pemerintah pusat melalui Kemenparekraf RI.

Adapun dukungan tersebut berupa pemberian bantuan dana untuk hadiah bagi pemenang pada lomba parade budaya, lomba tari pesisir dan tari pedalaman serta pemilihan duta wisata dengan total puluhan juta rupiah, katanya.

Pada kesempatan yang sama, Eri Suheriyah dari Direktorat Promosi Wisata Dalam Negeri Kemenparekraf RI, menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa selalu mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Menurutnya, kegiatan seperti "Festival Nunukan Gemilang 2013" sangat membantu Kemenparekraf RI dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dari mancanegara maupun wisatawan nusantara.

"Kami sangat berbahagia karena Kabupaten Nunukan menyelenggarakan `Festival Nunukan Gemilang`," ujar Eri Suheriyah.

Kegiatan seperti ini, lanjut dia, diharapkan dapat membantu pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2013 sebanyak 8,9 juta orang dan 250 ribu orang wisatawan nusantara.

Ia menambahkan, kegiatan tahunan Pemkab Nunukan tersebut dapat membantu Kemenparekraf RI, ditandai antusiasme masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut mencapai sekitar 2.000 orang, termasuk sejumlah wisatawan mancanegara.

Eri Suheriyah mengaku sangat terkesan pelaksanaan kegiatan tersebut karena diikuti oleh peserta dari negara tetangga Malaysia dan Brunai Darussalam.   (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013