Para pedagang di area wisata belanja di Jalan Sudirman Kota Tanah Grogot akan direlokasi ke kawasan wisata terpadu dan pusat olahraga di Desa Sungai Tuak. 


"Ada 60 pedagang di wisata belanja yang akan direlokasi ke kawasan wisata terpadu tahun ini," kata Kabid Pengembangan Kepariwisataan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Arya Widhiyasa, Rabu (23/02/2022).

Ia mengatakan anggaran untuk merelokasi para pedagang bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Kaltim. 

" Anggaran Bankeu dari Pemerintah Provinsi Kaltim itu sebesar Rp10 miliar," katanya. 

Arya menjelaskan penggunaan anggaran sebesar Rp10 miliar itu, yakni digunakan untuk pembangunan kios baru bagi pedagang wisata belanja dan  arena bermain di pusat wisata Sungai Tuak. 

Secara keseluruhan pembangunan area wisata terpadu Sungai Tuak itu menelan anggaran sebesar Rp30 miliar. Di area tersebut nantinya akan dibangun fasilitas taman bermain sarana olahraga terbuka (outdoor) seperti lapangan takraw, bola voli, dan lapangan basket.

" Saat ini Disporapar Kabupaten Paser masih menunggu pencairan anggaran Bankeu Rp10 miliar itu.

Arya menambahkan setelah cair maka kegiatan  relokasi akan dilakukan. Rencananya para pedagang direlokasi pada akhir tahun, sekaligus peresmian tempatnya bersamaan dengan Hari jadi Kabupaten Paser.

"Setelah lokasi wisata belanja dikosongkan dari para pedagang, tempat tersebut akan dijadikan ruang terbuka hijau," jelas Arya. 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022