Warga di Provinsi Kalimantan Timur bersama pihak terkait diimbau mewaspadai dampak hujan lebat hingga hujan petir yang diprakirakan terjadi pada Kamis-Jumat (6-7/1), seperti banjir, jalan licin, tanah longsor, dan dampak lainnya.


"Dua hari ke depan, Kamis mulai jam 8 pagi hingga Jumat jam 5 pagi, sejumlah kawasan di Kaltim berpotensi hujan lebat hingga hujan petir," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Erika Mardiyanti di Balikpapan, Rabu.

Sejumlah kawasan tersebut antara lain di Kabupaten Mahakam Ulu pada Kamis pukul 17.00 wita berpoptensi hujan petir pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Apari dan Kecamatan Long Pahangai.

Kemudian pada pukul 20.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi pada semua kecamatan di Mahakam Ulu, dan pada Jumat pukul 05.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Hubung.

Selanjutnya di Kota Samarinda pada Kamis pukul 20.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada semua kecamatan, kemudian pada pukul 23.00 wita hujan petir berpotensi terjadi di empat kecamatan, yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang.

Berikutnya adalah hujan petir yang diprediksi terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara, sekitar pukul 20.00 wita terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Babulu, Sepaku, dan Waru.

Di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), lanjut Erika, Kamis pukul 20.00 wita hujan petir diprakitrakan terjadi pada semua kecamatan, sehingga warga dan pihak terkait seperti BPBD setempat diminta berhati-hati terhadap dampaknya.

"Kemudian pada Jumat jam 5 pagi, hujan petir diprakirakan terjadi pada 9 kecamatan di Kubar, yakni Kecamatan Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Muara Lawa, Nyuatan, dan Sekolaq Darat," katanya.

Untuk Kota Bontang, hujan lebat diprakirakan terjadi di semua kecamatan pada pukul 23.00 wita. Di Kabupaten Berau hujan petir diprakirakan pada Kamis pukul 23.00 di Kecamatan Kelay dan Segah, dan pada Jumat dini hari diprakirakan hujan lebat di Kecamatan Maratua.

"Hujan petir juga diprakirakan terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni Kamis pukul 20.00 wita hampir di semua kecamatan, pukul 23.00 pada lima kecamatan, dan pada Jumat jam 5 subuh diprakirakan di Kecamatan Kenohan," kata Erika.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022