Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sejumlah 11 kensi Kalimantan Timur lolos tahap pertama seleksi nasional (Seleknas) SEA Games 2013 dan kini mereka tengah menjalani "character building" di Pusdiksus Kopassus Batujajar, Jawa Barat.

Ketua Pengurus Provinsi Perkemi Kaltim Zuhdi Yahya di Samarinda, Senin, mengatakan, total atlet Kempo Kaltim yang dipanggil mengikuti seleknas berjumlah 23 atlet.

Setelah mengikuti penjaringan dari tahap 200 ke 110 persen selama beberapa pekan di Jakarta, kata dia, sebelas kensi asal Kaltim masih bertahan untuk mengikuti program nasional.

"Ini baru seleksi tahap awal dari penjaringan 200 persen ke 110 persen, tapi meski demikian kami masih bersyukur sebelas atlet kita lolos seleksi dan saat ini masih mengikuti character building di Jawa Barat," jelas Zuhdi.

Peluang kristalisasi atlet dengan gugurnya kensi Kaltim di seleksi lanjutan mungkin saja terjadi, karena yang nantinya terpilih merupakan atlet terbaik nasional yang akan membela timnas di SEA Games 2003 di Myanmar.

"Tentunya kami akan terus memotivasi atlet kita, supaya mereka tetap semangat dalam bersaing memperebutkan kursi tim inti SEA Games," jelas Zuhdy.

Tiga dari sebelas atlet tersebut diantaranya Yules Umbu Hamba Pulu (kelas 70 kg Putra), Isna Suryani (54 kg putri) dan Soraya Afifah (Embu Beregu Putri), tidak harus mengikuti "character building" lagi karena sudah pernah masuk tim pelatnas SEA Games 2011 lalu.

"Kalau yang lain merupakan atlet baru dan tentunya mereka masih diwajibkan mengikuti program penggembelengan sebagai atlet nasional," tegas Zuhdy.

Meski demikian ,Zuhdy berharap senioritas atlet Kaltim bisa menjadi nilai plus bagi kensi muda yang tengah melakukan seleknas melalui bimbingan dan arahan.

"Kami berharap tiga atlet kita yang sudah pernah masuk timnas itu bisa memotivasi juniornya supaya mereka bisa tetap bertahan menjadi atlet nasional," tegas Zuhdy. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013