Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso mengatakan  Sungai Mahakam sebagai destinasi wisata andalan Kota Tepian (sebutan Kota Samarinda) yang tak kalah apik dengan destinasi wisata lainnya di Kaltim.
 

"Samarinda punya Sungai Mahakam. Banyak daerah-daerah yang memiliki sungai panjang, tapi saya melihat tidak  seindah Sungai Mahakam," ujar Rusmadi  beberapa waktu lalu di Pulau Maratua , Kabupaten Berau.

Ia menjelaskan Sungai Mahakam berbeda dengan sungai lainnya karena sepanjang melewati jalan di tepian  Sungai Mahakam orang- orang akan disuguhkan pemandangan sungai yang indah

Lanjutnya sepanjang Jalan Gajah Mada  hingga Jalan  Slamet Riyadi orang-orang bisa melihat keindahan Sungai Mahakam. Keindahan Sungai Mahakam sepanjang  mata memandang bisa  dilihat.

 Ia pun menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot)  Samarinda memerlukan dukungan, terutama dari sisi kewenangan untuk mengembangkan Sungai Mahakam menjadi objek wisata yang menarik.

"Yang namanya Sungai Mahakam ini kan kewenangan pusat, apalagi terkait Kaltim ke depan sebagai ibu kota negara (IKN), jadi memang perlu dukungan dari pemerintah pusat," katanya.

Sementara terkait promosi wisata Sungai Mahakam, ia mengaku telah dilakukan perencanaan menyeluruh bahkan juga menawarkan kerja sama Pemkot Samarinda dan pihak swasta.

"Pemprov juga sudah melakukan perencanaan secara parsial. Nanti akan kita integrasikan antara perencanaan Pemkot Samarinda dan  Pemprov  Kaltim bahkan nanti nasional," tuturnya.

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021