Dua wilayah di Provinsi Kalimantan Timur yakni Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Berau masih mempertahankan status zero kasus COVID-19 berdasarkan update kasus harian, Selasa.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan delapan wilayah Kaltim lainnya yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Panajam Paser Utara, Paser, Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang tetap bertahan di zona kuning COVID-19.

"Berdasarkan update kasus harian telah terjadi penambahan sebanyak empas kasus terkonfirmasi positif, satu kasus sembuh dan untuk kasus meninggal dunia tidak terjadi penambahan," jelas Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Selasa.

Andi mengatakan saat ini pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Provinsi Kalimantam Timur sebanyak 40 orang.

"Dalam sepekan terakhir menunjukan grafik peningkatan kasus meski dalam skala kecil, oleh sebab itu masyarakat harus terus waspada," pesan Andi.

Menurut Andi saat ini akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.313 kasus, dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.821 kasus, sementara kasus meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus.

Andi mengingatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari dalam upaya mencegah penularan virus corona.

"Kami juga terus menggiatkan vaksinasi di sejumlah daerah dalam rangka mengejar target pencapaian vaksin 70 persen di akhir tahun," imbuh Andi.

Ia menyampaikan pemerintah pusat juga telah memberikan peringatan waspada menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru terkait kemungkinan lonjakan kasus.

"Intinya masyarakat harus tetap waspada karena penularan virus masih terjadi apalagi sudah adanya varian baru Omicron yang sudah masuk di wilayah Indonesia dan berpeluang menyebar hingga kedaerah," tegas Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021