Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus berupaya mendorong gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas melalui sosialisasi secara kontinyu untuk mencegah masyarakat terpapar berbagai macam penyakit.

"Komitmen masyarakat menjadi kunci keberhasilan Germas," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Sodikin di Penajam, Senin.

Melalui kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dapat mencegah terkena berbagai macam penyakit.

Pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari keluarga lanjut ia, karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Germas juga dapat diaplikasikan melalui aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat diharapkan dapat mendorong upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Upaya pemerintah kabupaten dalam menangani beban penyakit jelas Sodikin, salah satunya dengan melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas (gerakan masyarakat hidup sehat).

Instruksi kepala negara tersebut untuk mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat, sehingga meningkatkan produktivitas penduduk yang akan berdampak pada penurunan biaya pelayanan kesehatan.

"Pemerintah kabupaten  menyambut baik dan mengapresiasi dengan digencarkannya  gerakan masyarakat hidup sehat ," ucapnya.

"Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat untuk kesehatan bersama," jelas dia.

Gerakan masyarakat hidup sehat harus dilaksanakan di semua lini kata Sodikin.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021