Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim mencatat kenaikan harga kelompok transportasi sebesar 1,30 persen memicu inflasi di Kaltim pada November 2012 sebesar  0,17 persen.


"Provinsi Kaltim pada November 2021 mengalami inflasi sebesar 0,17 persen, salah satu faktor pendorongnya adalah adanya peningkatan harga kelompok transportasi yang naik 1,30 persen," ujar Koordinator Fungsi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Provinsi Kaltim Wembri Suska di Samarinda, Rabu.

Setelah transportasi, kelompok lain yang juga naik adalah kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga yang naik 0,44 persen, diikuti kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,26 persen.

Kemudian kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya naik 0,16 persen, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga naik 0,11 persen, kelompok kesehatan naik sebesar 0,05 persen.

Sedangkan kelompok yang menunjukkan penurunan harga adalah kelompok pakaian dan alas kaki minus 0,42 persen, diikuti kelompok makanan, minuman, dan tembakau minus 0,12 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan minus 0,01 persen.

"Untuk kelompok pendidikan, kelompok penyediaan makanan dan minuman atau restoran cenderung stabil dibanding dengan bulan sebelumnya," kata Wembri.

Pada November 2021, lanjutnya, dari 11 kelompok pengeluaran, 6 kelompok memberikan andil inflasi, kemudian 3 kelompok lainnya memberikan andil deflasi.

Inflasi Kaltim pada November yang tercatat 0,17 persen ini jika dirinci menurut kota, maka di Samarinda berinflasi 0,09 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 105,74, kemudian di. Balikpapan mengalami inflasi 0,27 persen dengan IHK 104,96.

IHK merupakan salah satu indikator ekonomi yang digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga baik inflasi maupun deflasi di tingkat konsumen, untuk memantau pergerakan harga komoditas yang dikonsumsi oleh rumah tangga.

Ia juga mengatakan, inflasi tahun kalender Kota Samarinda sebesar 1,39 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 1,63 persen. Sedangkan inflasi tahun kalender di Kota Balikpapan sebesar 1,55 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 1,80 persen.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021