Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Sekkab PPU) memberikan apresiasi tinggi terhadap perjuangan guru di tengah pandemi COVID-19 yang harus datang ke rumah-rumah siswa untuk mengajar per kelompok, akibat keterbatasan jaringan internet.
 
 
“Di tengah pandemi yang sebelumnya harus dilakukan belajar jarak jauh, sejumlah lokasi di PPU tidak bisa melakukannya karena keterbatasan sinyal internet, sehingga banyak guru yang harus datang ke rumah siswa," ujar Plt Sekretaris Kabupaten PPU Muliadi di Penajam, Kamis.
 
Kondisi ini tentu saja memperoleh apresiasi darinya baik atas nama pribadi maupun atas nama Pemkab PPU, karena di awal pandemi tahun lalu, ada sejumlah guru yang kemudian tertular COVID-19.
 
Banyak guru yang harus datang ke rumah siswa untuk melakukan proses belajar mengajar karena tidak semua lokasi memperoleh jaringan internet, kalau pun ada yang mendapat sinyal, namun itu tidak lancar sehingga kondisi ini mengganggu pembelajaran secara daring.
 
Ia melanjutkan, hampir dua tahun terakhir guru terus berjuang memberikan pendidikan di tengah semua tantangan pandemi, karena guru harus memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran daring.
 
Sementara pembelajaran secara daring harus menarik bagi semua siswa, agar mereka termotivasi terus belajar meski dalam situasi pandemi, mengingat pandemi membuat anak-anak tidak leluasa bermain di luar seperti sebelumnya, bahkan belajar daring pun ada yang merasa bosan.
 
"Di kawasan yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah. Hal ini membuat saya salut dan mengapresiasi perjuangan para guru," katanya lagi.
 
Beberapa jam sebelumnya, ketika upacara Peringatan Hari Guru, Wakil Bupati PPU Hamdam Pangrewa mengatakan guru merupakan garda terdepan dalam rangka mencetak generasi yang tangguh bagi bangsa, termasuk bagi Kabupaten PPU.
 
"Untuk itu, melalui momentum peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 ini, tugas dan fungsi guru patut mendapat apresiasi dan dukungan dari pemerintah daerah. Melalui peringatan ini, semoga guru semakin meningkatkan dedikasinya menjadi pencetak generasi tangguh," katanya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021