Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi penyelenggaraan NTB Expo yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) di area parkir Sirkuit Mandalika bersamaan dengan ajang World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.


"Saya menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara dan seluruh pihak yang turut membantu penyelenggaraan acara tersebut," kata MenkopUKM Teten Masduko, melalui pernyataan resmi di Mataram, NTB, Senin.

Ia berharap NTB Expo 2021 tidak hanya mampu menggerakkan roda dan perputaran ekonomi masyarakat, namun juga harus menjadi pemicu bagi kebangkitan sektor pariwisata. 

"Kita harus tampilkan produk UMKM yang betul-betul berkualitas, jadi bukan hanya menjadi ruang promosi partisipasi UMKM, tapi kita harus seleksi karena yang mau kita kedepankan adalah yang memiliki keunggulan dan daya saing produk," ujarnya.

Teten memuji berbagai inovasi dan transaksi para pelaku UMKM dan panitia penyelenggara, yang menerapkan pembayaran nontunai pada NTB Expo, salah satunya dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang selama ini banyak menjadi mitra UMKM. 

Teten enggunaan transaksi nontunai merupakan merupakan bagian dari pilar strategi pengembangan UMKM nasional.

“Digitalisasi adalah salah satu cara bagi pelaku UMKM untuk naik kelas. Transaksi nontunai akan sangat memudahkan pelaku UMKM bertransaksi secara luas," ucapnya. 

Sementara itu Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah yang ikut mendampingi MenkopUKM pada kunjungan ke NTB Expo, juga memberikan bantuan dengan cara membeli produk-produk UMKM dan membagikannya kepada masyarakat kurang mampu.

Sementara itu BRI yang menjadi salah satu pendukung NTB Expo 2021, bersama Pemprov NTB, dan PT Solindo Duta Convex, juga memberikan program menarik seperti pemberian hadiah UMKM yang mendukung pembayaran nontunai, diskonbagi pengguna kartu BRI, serta penghargaan untuk UMKM dengan nilai penjualan tertinggi.
 

Pewarta: Awaludin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021