Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gelandang serang Persisam Putra Samarinda, Lancine Kone, diperkirakan bisa bermain saat menghadapi Barito Putra pada lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (13/4), karena cedera memar di telapak kaki kanannya sudah berangsur pulih.

"Sudah dua hari ini Kone sudah ikut latihan bersama tim, meski hanya latihan terpisah untuk pemulihan staminanya, dan dia (Kone-red) mengaku sudah tidak merasakan nyeri saat melakukan sprint, makanya saya prediksi dia bisa tampil mengahdapi Barito, " kata fisioterapis Persisam Putra Samarinda, Friday Surya, di Samarinda, Selasa.

Sedari awal, Friday sudah memperkirakan cidera memar yang dialami Kone paska menjalani pertandingan menghadapi Persiram Raja Ampat itu bukan cidera parah, dan kemungkinan tidak menggangu kinerja otot kaki yang lain.

"Hanya memar biasa karena benturan di telapak kaki, memang awalnya terlihat biru, namun biasanya cidera seperti itu tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya cukup perawatan rutin dengan melakukan kompres maka bengkaknya akna mulai berkurang," urai Friday.

Selama sepekan terakhir, kata Friday, Kone secara rutin menjalani terapi pemulihan dengan mengkompres dengan air hangat, dan bersyukur lukanya berangsur hilang, sehingga dia sudah bisa menjalani latihan bersama rekan-rekannya di tim.

"Memang dia belum bisa latihan berat seperti teman-temannya, karena dia masih perlu penyesuaian, akibat selama seminggu tidak menjalani latihan," jelas Friday.

Untuk melihat perkembangan hasil terapi selama ini, menurut Friday, dia akan memantau selama tiga hari ke depan dengan progres yang diprogramkan khusus untuk pemulihan.

Jika selama ia menjalani latihan bersama tidak mengalami nyeri di bagian telapak dan bisa berlari dan menahan beban, tim medis akan membuat keputusan hasil cederanya.

"Ini baru tahap awal Kone ikut latihan, Tim medis akan kembali memantau pada latihan berikutnya. Jika tidak ada keluhan dan Kone merasa sudah fit, kami tetap akan mengawasi sebelum laga kandang nanti," ujarnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013