Bontang (ANTARA Kaltim) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bontang masuk 12 besar nominasi penghargaan Pangripta Nusantara tingkat kabupaten/kota yang baru pertama kalinya diselenggarakan.

"Alhamdulillah Bontang masuk 12 nominasi penghargaan Pangripta Nusantara pertama kalinya dan diundang untuk melakukan presentasi akhir April 2013. Informasi selain disampaikan dari Bappeda Provinsi Kalimantan Timur juga telah disampaikan Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas)," kata Kepala Bappeda Kota Bontang, Ir Zulkifli MT, di Bontang, Sabtu.

Zulkifli memprediksikan pengumuman enam besar nantinya sebagai peraih Pangribta Nusantara ini mungkin akan dibarengkan dengan Musrenbang Nasional tahun ini.

"Ada empat parameter yang diukur  untuk meraih penghargaan Pangribta Nusantara ini yakni  keterkaitan perencanaan antara Bontang dan Provinsi Kaltim dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), konsistensi, kedalaman dan keterukuran," ujar Zulkifli.

Penunjang lainnya adalah proses rembug warga yang diawali dari rukun tetangga, musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kelurahan, Musrenbang  kecamatan, musrenbang dengan forum satuan perangkat kerja daerah, dan Musrenbang Kota Bontang.

Bappeda Bontang juga telah melakukan tahapan-tahapan mulai penyusunan rancangan awal, penyusunan rancangan, musrenbang dan penyusunan rancangan akhir.

Dia akui bahwa sama dengan semua kabupaten/kota di Kaltim harusnya dalam tahapan penyusunan rancangan awal harusnya ada konsultasi publik yang melibatkan perguruan tinggi, tokoh, stake holder termasuk pelaku bisnis namun itu belum dilakukan di tahun 2012 lalu.

"Untuk tahun ini akan diupayakan konsultasi publik walau waktunya telah lewat sebagai persiapan penilaian tahun depan.  Nah pertanyaan saya apakah secara nasional kota kabupaten di 11 peserta lainnya  telah melakukan itu atau sama dengan Bontang," katanya.

Dia sampaikan dalam penyusunan rancangan awal juga harus ada pokok-pokok pikiran DPRD.

"Namun dalam penilaian kemarin Bontang telah sesuai dengan sistematika Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tata Cara Tahapan Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah," ujar Zulkifli  sembari menambhakan Bontang telah melakukan proses relatif bagus.

Sementara itu untuk penghargaan Pangripta Nusantara tingkat provinsi untuk tahun 2012 lalu tiga pemenangnya adalah Jogjakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Barat. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013