Bontang (ANTARA Kaltim) - Klub Renang Pesut PT Pupuk Kalimantan Timur Kota Bontang, Kaltim saat ini membina 35 bibit dan atlet perenang bertempat di Kolam Renang Hotel Bintang Sintuk.

Sebanyak enam pelatih memperkuat Club Pesut yang bernaung dibawah PT Pupuk Kaltim antara lain Edi Suyono, Syarin, Hikma Patrayuda, Yuli, Maryono, Muhtar, dan Made.

Hikma Patrayuda merupakan salah satu di antara jajaran pelatih yang merupakan mantan atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) Polo Air tahun 1983.

Klub Pesut PKT mulai berdiri sejak tahun 1987 dan telah berhasil mengantar beberapa atlet di arena pekan olahraga daerah seperti Dewinia Prima Devi, Nenes pada Porda 2002 di Tenggarong.

Tahun 2012 Klub Pesut juga berhasil mengantarkan tiga atlet di antaranya Sandy, murid SMP Yayasan Pupuk Kaltim, yang masuk kelompok umur dua dan berhasil meraih medali emas di ajang pertandingan Kejuaran Renang Antar Perkumpulan Daerah (Krapda) se-Kalimantan Timur yang berlangsung di kolam renang PT Badak Bontang.

Dia menyebutkan dalam renang terdapat empat kelompok umur yakni kelompok umur empat (umur  10-11 tahun akhir), kelompok umur tiga (umur 11- 12 tahun akhir), kelompok umur dua (usia 13 -15 tahun akhir), kelompok umur satu (usia 16-17 tahun akhir).

"Untuk umur 18-21 tahun masuk dalam kelompok umur yunior dan  umur 22 ke atas adalah kelas senior," kata mantan atlet polo air ini.

Ketua Klub Pesut PKT Edi Suyono yang juga merupakan Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Bontang menyampaikan dari 35 bibit atlit renang yang dibina saat ini terdapat lima peserta titipan dari PT Badak NGL.

"Sebagian besar binaan Club Pesut merupakan anak karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur, lima anak karyawan PT Badak dan ada satu bibit atlit dari anak keluarga miskin yakni Rahma yang saat ini sedang digembleng prestasi renangnya oleh klub," ujar Edi, yang merupakan salah satu wasit nasional yang juga merupakan karyawan PT Pupuk Kaltim. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013