Nunukan (ANTARA Kaltim) - Kabel bawah laut pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Sebaung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur mulai dipasang dengan panjang sekitar 18 kilometer.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Distamben dan SDM) Kabupaten Nunukan Yosua Batara P di Nunukan, Rabu menyatakan, kabel bawah laut untuk pembangunan PLTG Sebaung didatangkan dari China.

Saat ini telah dimulai pemasangannya dari Sebaung menuju Seimengkadu Pulau Nunukan. Jarak pemasangan kabel bawah laut dari kedua pulau itu sepanjang 15 kilometer lebih dan dalam waktu dekat ini akan sampai di Seimengkadu, ujarnya.

Yosua menambahkan, untuk pemasangan kabel bawah laut dari Sei Jepun Pulau Nunukan menuju Liang Bunyu Pulau Sebatik sepanjang tiga kilometer akan segera dilakukan pula apabila pemasangan Sebaung-Seimengkadu rampung.

Kabel yang dipasang di bawah laut tersebut berdiameter sekitar 20 centimeter yang sengaja didatangkan dari China dengan sistem pemasangannya menggunakan beban pemberat di dalam laut agar tidak mengganggu pelayaran kapal besar maupun milik nelayan, tambahnya.

PLTG Sebaung ini diperkirakan rampung 2013 ini agar secepatnya dapat dinikmati oleh masyarakat di Pulau Nunukan dan Sebatik dengan kekuatan daya 2X5 megawatt.

Jika PLTG ini telah difungsikan, dia mengklaim tidak akan terjadi lagi pemadaman listrik di daerah itu dan perusahaan pun dapat terlayani.

Untuk jaringan darat, Yosua mengatakan pemasangan tiang dalam tahap perampungan pada kedua pulau yang akan dialiri begitu pula pemasangan kabelnya. "Jadi tidak ada masalah lagi tinggal menunggu penyelesaiannya," ujarnya. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013