Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala meraih akreditasi unggul dari dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia.

“Pengakuan tersebut berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes yang diterbitkan pada 15 Oktober 2021,” kata Dekan FKG Universitas Syiah Kuala (USK) Dr. drg. Cut Soraya di Banda Aceh, Selasa (26/10).

Ia menjelaskan raihan akreditasi unggul tersebut sangat berarti bagi USK karena bisa menjadi batu loncatan untuk mengembangkan fakultas itu untuk masa mendatang.

“Kami targetkan dapat membuka prodi baru, yaitu S2 dan spesialis dan FKG akan mengembangkan riset berbasis keragaman hayati yang sesuai dengan visi misi FKG,” katanya.

Menurut dia akreditasi unggul tersebut juga semakin membuka peluang kerja sama FKG dengan para mitranya, baik dalam dan luar negeri, serta pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan universitas mitra juga lebih mudah.

“Jadi, ada banyak hal positif dengan akreditasi unggul ini. Pencapaian ini juga bermakna adanya peningkatan kualitas SDM di FKG, sehingga mampu meningkatkan reputasi FKG di hadapan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan saat ini berbagai persiapan sudah dilakukan untuk reakreditasi tahun depan, seperti pengembangan rumah sakit gigi dan mulut, yang merupakan wahana pendidikan profesi dokter gigi.

“Alhamdulillah, komitmen kami untuk mengembangkan fakultas ini perlahan membuahkan hasil. Akreditasi unggul ini setidaknya menjelaskan standar layanan dan akademik FKG USK meningkat sangat baik,” katanya.

Wakil Rektor I USK Prof Marwan sangat mengapresiasi kerja keras civitas FKG sehingga berhasil meningkatkan akreditasinya.

“Keberhasilan FKG ini sangat berarti bagi USK dalam upaya meningkatkan daya saing. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi prodi lainnya di USK untuk meningkatkan akreditasinya,” demikian Prof Marwan.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021