Penajam (ANTARA Kaltim) - Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menargetkan jumlah perolehan kursi mereka di DPRD PPU bisa meningkat pada Pemilu Legislatif 2014.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) PPU Sudirman di Penajam, Kamis misalnya, menargetkan memperoleh delapan dari tiga kursi sekarang.

Kemudian, Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Ahmad Badaraini pasang target mendapatkan minimal tiga kursi di DPRD PPU.

Partai Kebangkitan Bangsa juga menargetkan jumlah yang sama sementara Gerindra mematok dapat empat kursi di Gunung Steleng.

Guna memenuhi target tersebu, PDIP memprioritaskan mereka yang sudah populer di masyarakat.

Meski kader, lanjut Sudirman, tetap harus populer dan dikenal di masyarakat, agar mendapatkan dukungan dari masyarakat nantinya saat Pemilu 2014.

Syarat yang sama juga berlaku bagi calon dari luar PDIP.

"Untuk Caleg ini sudah dibuka pendaftaran di tiga daerah pemilihan (Dapil). Baik untuk kader maupun luar kader kami siap menampung untuk menjadi caleg," katanya.

Bagi Hanura, Badaraini menyatakan target tiga kursi tersebut, berdasarkan jumlah kader dan pengurus di tingkat desa/kelurahan.

"Saat ini pengurus Hanura tingkat desa/kelurahan sudah mencapai 75 persen yang tersebar di empat kecamatan," ucapnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai membuka pendaftaran calon anggota legislatifnya pada 1 Maret sampai 10 April mendatang. Ketua DPC PKB PPU, Irawan Heru Surianto menjelaskan, untuk pendaftaran calon legislatif akan lebih mengutamakan pengurus.

"Kami juga akan merekrut kader Nahdlatul Ulama (NU) dalam pemilu nanti. Persentasenya adalah 50 persen pengurus, 25 persen kader NU dan sisanya dari kalangan umum dan profesional," jelasnya.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013