Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Kartanegara (Kukar) menurunkan 34 personelnya untuk memantau transportasi sungai yang digunakan untuk angkutan rombongan kafilah yang mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten Kukar ke-35 di Kecamatan Muara
Muntai.

"Jumlah tersebut nantinya akan ditempatkan pada beberapa dermaga, dan pos pelayanan keamanan angkutan di Muara Muntai, serta beberapa petugas ditempatkan untuk berpatroli dengan perahu karet dan speed boat," kata Kepala Bidang Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Dishub Kukar H Marsidik, saat dihubungi, Jumat (8/3).


Menurutnya hari ini ada satu unit perahu karet dan satu speed boat sudah diberangkatkan ke Muara Muntai dan langsung bertugas melakukan pemantauan angkutan air.

Dalam melakukan pemantauan angkutan sungai di kecamatan Muara Muntai, Dishub Kukar dibantu  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, instansi terkait serta aparat keamanan setempat.

Marsidik menjelaskan selain perahu karet dan speed boat, Dishub juga  menyediakan 45 buah
jaket pelampung yang akan ditempatkan di dermaga-dermaga penyeberangan untuk dipakai para penumpang angkutan perahu motor.

Selain itu beberapa dermaga penyeberangan sudah dilengkapi dengan penerangan yang memadai untuk beroperasi di malam hari atau keadaan gelap lainnya seperti kabut maupun hujan.
Namun diimbau juga kepada para motoris perahu motor, untuk melengkapi penerangan yang cukup memadai.

"Apa yang kami lakukan tersebut  guna memperlancar dan menertibkan angkutan sungai, agar jangan sampai terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tak diinginkan,"kata Marsidik. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013