Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin mengharapkan dengan keberadaan objek wisata Gunung Boga atau lebih terkenal dengan sebutan Gunung Embun akan mendukung peningkatan kemajuan Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser.


"Ini sudah ada kemajuan. Terakhir kita ke sini statusnya masih tertinggal. Alhamdulillah sudah naik menjadi berkembang atau naik satu level di atasnya," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin di Desa Luan, Jumat.

Dikatakannya, peningkatan Desa Luan itu ditandai dengan terus meningkatnya status Indeks Desa Membangun (IDM) yang menjadi indikator penilaian keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Iyad sapaan akrab M Syirajudin mengaku yakin setelah kegiatan gubernur Kaltim Desa Luan akan semakin maju dan terus diikuti peningkatan status IDM desanya dari berkembang meningkat menjadi maju dan berkembang.

Mengingat kunjungan gubernur kali ini dirangkai dengan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan sarana prasarana penunjang pengembangan Gunung Boga seperti mushola dan vaping block.

Untuk diketahui, objek wisata Gunung Boga memiliki potensi untuk terus dikembangkan karena sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Bukan itu saja, Gunung Boga atau sering dikenal dengan nama Gunung Embun juga masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020. 

Gunung Boga juga masuk dalam daftar destinasi wisata dengan nominasi 10 daftar dataran tinggi terpopuler 2020.

“Gunung Boga masuk dalam daftar ke 10 dataran tinggi terpopuler 2020 bersama 10 destinasi wisata lainnya di Indonesia," kata Kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser Yusuf Sumako.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021