Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pengurus anak cabang Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kecamatan Muara Kaman Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2012-2016, Sabtu (2/3) resmi dilantik oleh ketua Bidang Organisasi PPTI Kukar dr Sahat Mangasi,di balai pertemuan umum kecamatan setempat.

Adapun pengurus anak cabang PPTI yang dilantik tersebut yaitu  antara lain, Erni Yusnita selaku ketua kehormatan, Sekcam Muara Kaman menjabat sebagai ketua, dr Maryati sebagai wakil ketua, sekretaris Sofian Nasri, kemudian sebagai bendahara Melinda Yuniarti, serta Lisnoor sebagai wakil bendahara.

Dalam sambutan Ketua PPTI Kukar Hj Asih Qurnia Ghufron yang dibacakan dr Sahat, mengatakan bahwa PPTI sebagai lembaga swadaya masyarakat yang melaksanakan kegiatan penanggulangan dan pemberantasan tuberkulosa (TB), mempunyai visi menjadi organisasi profesional dan mitra yang handal dalam upaya penanggulangan TB.

Dijelaskannya secara garis besar PPTI melakukan kegiatan penyuluhan dan informasi kepada masyarakat tentang kesehatan, khususnya tentang TB,  pencegahan dan pengobatannya. Selain itu juga melatih kelompok masyarakat tertentu untuk dapat menjadi kader penyuluh TB.

"PPTI juga melaksankan peningkatan kesejahteraan keluarga penderita TB yang kurang mampu," paparnya.

Menurutnya, dengan terlibatnya seluruh sektor baik Pemerintah, LSM dan masyarakat, diharapkan dapat terwujud masyarakat yang mandiri dalam hidup sehat tanpa TB di Kukar.

Kemudian Camat Muara Kaman Izhar Noor yang hadir pada acara itu mengimbau agar nantinya pengurus PPTI yang baru dilantik agar bekerjasama dalam melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat, khususnya dalam hal pemberantaan TB.

Semantara Erni Yusnita usai dilantik mengatakan, kedepan pihaknya akan menyusun rencana strategis PPTI Muara Kaman dengan memasukkan kegiatan yang bersifat pemberdayaan dan penyuluhan tentang TB kepada masyarakat.

"Tentunya nanti kami akan bekerjasama dengan pemerintah setempat, serta Puskesmas Kecamatan serta stakeholder lainnya dalam melaksanakan kegitan," demikian ujarnya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013