Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menunggu kepastian jadwal tes atau ujian SKB (seleksi kompetensi bidang) CASN (calon aparatur sipil negara) 2021 dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

"Tes SKD (seleksi kompetensi dasar) CASN atau CPNS (calon pegawai negeri sipil) sudah selesai pada 27 September 2021," ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin di Penajam, Rabu.

Saat ini lanjut ia, instansinya masih menunggu kepastian dari BKN menyangkut jadwal ujian seleksi kompetensi bidang CASN 2021.

Seleksi kompetensi bidang adalah tahapan tes kedua setelah pelaksanaan ujian seleksi kompetensi dasar CPNS.

Materi ujian SKB meliputi kemampuan dan karakteristik berupa pengetahuan, keterampilan serta perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatan.

Peserta tes SKB tersebut jelas Khairuddin, adalah pelamar yang lulus pada ujian SKD atau memenuhi nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan BKN.

Peserta atau pelamar yang berhak mengikuti ujian seleksi kompetensi bidang ditentukan dan diumumkan oleh BKN.

Penentuan kelulusan CASN 2021 terdiri dari 60 persen hasil tes SKB dan 40 persen hasil ujian seleksi kompetensi dasar.

Jumlah pelamar CPNS 2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 3.146 orang, 343 orang di antaranya tidak mengikuti ujian SKD yang digelar 19 sampai 27 September 2021.

"Kami saat ini menunggu pengumuman hasil tes SKD dan kepastian jadwal pelaksanaan ujian seleksi kompetensi bidang," kata Khairuddin.

"Kami perkirakan tes SKB dilaksanakan November 2021, ujian SKB juga menggunakan sistem CAT (computer assisted test)," ucapnya.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021