Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim  melakukan persiapan salah satunya Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.


"Kita ingin pastikan kesiapan lokasi yang akan dikunjungi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar," kata Kepla Dinas DPMPD Kaltim, M.Syirajudin  saat melakukan peninjauan Ke Desa
Banun Rejo, Kecamatan Tenggaraong Seberang, Rabu, (29/9/2021). 

Ia mengatakan Desa Bangun Rejo adalah desa berstatus mandiri dan nantinya diminta menyampaikan keberhasilan pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat  desa yang sudah dilaksanakan.

Syirajudin meminta dukungan tenaga pendamping profesional yang bertugas di wilayah tersebut membantu dalam penyajian profil desa. Selain itu menyiapkan data progres penggunaan dana desa untuk penanggulangan COVID-19,  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, dan Padat Karya Tunai Desa

Desa Bangun Rejo harus menampilkan keberhasilan dan inovasi yang dilakukan desa untuk pemberdayaan masyarakat desa. Sehingga ada kesan dari Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar setelah mengunjungi Desa Bangun Rejo, dulunya eks transmigrasi menjadi desa mandiri.

Menurutnya berkaca keberhasilan Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara saat dikunjungi Mendes PDTT, dia berharap juga terjadi saat melakukan kunjungan ke Desa Bangun Rejo.

"Desa Bangun Rejo juga menjadi cerita sukses Mendes PDTT saat berkunjung ke daerah lain. "Saya dapat informasi setiap Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar melakukan  kunjungan ke desa selalu menceritakan keberhasilan Desa Sungai Payang. Saya ingin Desa Bangun Rejo juga nanti diceritakan kemana-mana, " harapnya.

Dalam kunjungannya ke Desa Bangun Rejo Syirajudin melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kutai Kartanegara untuk minta dukungan persiapan saat pelaksanaan kunjungan kerja Mendes PDTT.

Sekadar diketahui kunjungan Mendes PDTT ke Desa Bangun Rejo merupakan rangkaian kunjungan kerjanya ke Kaltim menjadi penanggung jawab pusat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim 2021.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021